Analisis Penerapan Penilaian Kurikulum Merdeka untuk Kelas 1 dan Kelas 4

Majidatun Ahmala

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi bagaimana penerapan pada penilaian kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri Mojotrisno. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitati deskriptif. Peneltian ini dilakukan pada kelas 1 dan kelas 4 SD Negeri Mojotrisno karena hanya kedua kelas tersebut yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara terhadap beberapa guru dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian kurikulum merdeka belum optimal karena terdapat beberapa kendala atau tantangan yang ditemukan pada penerapan penilaian kurikulum merdeka. Kendala ini terjadi karena adanya kesenjangan antara konsep yang diharapkan dan praktiknya. Kesenjangan ini terjadi karena kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, serta tekanan untuk dapat mencapai target akademis. Karena demikian perlu adanya peningkatan terhadap pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan konsep penilaian kurikulum merdeka salah satunya adalah melalui pelatihan dan pendampingan secara berkala. Dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait juga sangat penting untuk menciptakan sumber daya yang lebih memadai. Adanya penelitan ini diharapkan dapat menjadi bahan pengambilan keputusan di SDN Mojotrisno untuk dapat menjalankan kurikulum merdeka secara lebih baik.

Kata kunci: asesmen, kurikulum merdeka, penilaian


References


Amos Neolaka, G. A. A. N. (2017). Landasan Pendidikan: dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kencana.

Cholifah Tur Rosidah, Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Dewi Anggraeni, D. (2021). Seni Berbicara Yuk Belajar Public Speaking: Tips & Trik Public Speaking Anti Grogi (Guepedia/Br (Ed.)). Guepedia.

Diana Hernawati, M. A. (2017). Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Firsta Bagus Sugiharto, Wahyu Widodo, kardiana Metha Rozhana, P. B. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Karakter Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 95–102.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (2003). https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

khulisoh. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di SD. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 5(5), 1150–1158. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Mariyati Teluma, W. R. (2019). Penilaian (Rahmat Putra Yudha (Ed.)). PGRI Prov Kalbar.

Marzuki. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(17), 2771–2780.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589

Ni Luh Purnamasari Prapnuwanti, D. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokasl Bidang Kegamaan Kelas X. Azka Pustaka.

Pendidikan, T. P. penilaian. (2019). Panduan Penilaian Kinerja (Performance Assessment) (A. Deni Hadiana (Ed.)). Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purnama Sari, D., Wahyu Yunian Putra, R., Syazali, M., Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, M., Endro Suratmin, J., Lampung, B., & Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, D. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. Deepublish.

Sumampow, Z. F. (2024). Pengembangan Kurikulum. Selat Media.

Yogi Anggraena, D. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.30962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.