Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 2 Lemahabang
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan nyata yang terjadi di SDN 2 Lemah Abang, yaitu rendahnya keterampilan membaca siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan membaca merupakan salah satu dari empat aspek berbahasa yang paling krusial. Membaca dapat diibaratkan sebagai jendela dunia semakin baik keterampilan membaca seseorang, semakin luas ilmu pengetahuan dan wawasan yang dimilikinya, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada nilai akademik. Sebaliknya, siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca cenderung memiliki wawasan yang terbatas dan nilai akademik yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan keterampilan membaca siswa dan membantu mereka meraih potensi akademis terbaiknya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 Lemahabang dengan menggunakan media kartu kata.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus yang didasarkan pada temuan awal, yaitu adanya 15 siswa dari total 32 siswa kelas 1A yang mengalami keterlambatan membaca. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 31 Mei, sedangkan Siklus 2 pada 4 Juni, dengan jeda waktu empat hari. Selama proses penelitian, peneliti berperan sebagai guru, dan wali kelas 1A bertindak sebagai observer. Instrumen penelitian menggunakan RPP/modul ajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes membaca, serta dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif untuk data hasil observasi yang telah diperoleh dan masing-masing indikator dianalisis secara kualitatif deskriptif dan teknik kuantitatif untuk perolehan data dalam mengukur ketuntasan membaca siswa akan dianalisis secara kuantitatif. Disimpulkan bahwa media kartu kata berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1A. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil tes keterampilan membaca di siklus 2, di mana seluruh siswa mencapai nilai minimum 75 dengan skor antara 75-100.
References
Agustina, H. d. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Picture and Picture dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas I SDN 2 Kapuas Tengah.
Ahmad Abdul Hadi1, A. S. (2023). RENDAHNYA MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR.
Aisyah Fadilah, d. (Vol. 1, No. 2 Maret 2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan UrgensiMedia Pembelajaran. 01-17.
Anggraeni, S. W. (2020). Membaca Permulaan Dengan Team Games.
Baiq Widya Ningsih, S. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia.
Faujiah, S. M. (2021). Upaya Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan Media Kartu Kata pada bahasa indonesia. (165-169).
Fikriyah, T. R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA, 4(2): 94.
Fitriana. (2017). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas III B SD Negeri Jageran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, , 6(6), 550–557.
Hanikah, d. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7352-7359.
Hapsari, A. (2019). Pendidikan Guru Sekolah Dasar, , 8(17)
Labudasari, E. &. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. . Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, , 9(1), 57.
Nurani, R. Z. (2021). Analisis Kesulitan membaca permulaanpada anak usia sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1462-1470.
Nurhabibah, P. S. (2023). Penguatan Kemampuan membaca menulis permulaan melalui budaya literasi dalam Keluarga. 1152–1157). .
Nurlaela, L. S. (2018). The effect of thematic learning model, earning style, and reading ability on the students’ learning outcomes. . 296(1).
Sarkiah. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Alkairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. . Kreatif Tadulako Online, 4 (4).
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan.
Wisudayanti, A. N. (2017). Peran Perpustakaan Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat . (Studi pada Perpustakaan Umum Taman Ekspresi Kota Surabaya). , 5(1), 1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.38165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.jpg)


