PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK FASE A YANG BERTEMPAT TINGGAL DI RUMAH SENDIRI DENGAN YANG BERTEMPAT TINGGAL DI PANTI ASUHAN

Adinda Ayuning Zahirah, Sendi Fauzi Giwangsa, Mubarok Somantri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan lingkungan tempat tinggal peserta didik Sekolah Dasar terhadap hasil belajarnya di kelas, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Anak yang tinggal di rumah sendiri cenderung memperoleh pengasuhan dan perhatian yang berbeda dibandingkan dengan anak yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila antara peserta didik yang tinggal di rumah sendiri dan yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Subjek penelitian terdiri atas 23 peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok tempat tinggal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi nilai STS dan kuesioner tempat tinggal. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji perbedaan Mann-Whitney U, serta perhitungan effect size dengan rumus rank biserial correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang tinggal di rumah sendiri dan yang tinggal di panti asuhan, dengan hasil perhitungan uji Mann-Whitney U yaitu 0.031. Dan nilai effect size menunjukkan hasil 0.684, bahwa perbedaan tersebut berada dalam kategori besar, yang menandakan bahwa perbedaan tempat tinggal memberikan pengaruh nyata terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi acuan upaya peningkatan kualitas pendidikan yang lebih responsif terhadap kebutuhan peserta didik dari berbagai macam latar belakang tempat tinggalnya.

References


Amelia, L., Dewi, D. A., & Silmi, U. A. (2023). Pengaruh Kurangnya Perhatian Orang tua terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2

Andriyani, J. (2020). Peran Lingkungan Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1). http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Taujih

Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564–576. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084

Aulia, A., & Ritonga, F. U. (2022). Upaya Tumbuhkan Perilaku Budi Pekerti Baik Kepada Anak Panti Asuhan Al Washliyah Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(4), 423–427. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i4.1141

Azizah, L., Mannahali, M., Asri, W. K., Angreany, F., & Burhamzah, R. (2024). Bimbingan Belajar: Membantu Anak-Anak Kurang Mampu Mencapai Prestasi Akademik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 7.

Cahyaningsih, A. P., Fajari, L. E. W., Aini, S., Fajrudin, L., Sa’diyah, H., Havita, V. N., Amaliah, S., Atfaliyah, K., Putri, I. C., & Hidayat, D. L. (2024). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Destri, A. F., Ramdini, D., Kansa, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2025). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Anak. DIRASAH, 8(1). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Fauzi, S. A. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 4) [Disertasi Doktor]. Universitas Islam Riau.

Febristi, A., Arif, Y., & Dayati, R. (2020). Faktor Sosial dengan Self Esteem (Harga diri) pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Kebidanan, 6(1), 48–56.

Fitriani, L., & Gelang, S. B. (2020). Membangun Pendidikan Ramah Anak dalam Keluarga di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kesetaraan Dan Keadilan Gender, 15(1), 32–41.

Fredy, F., Kakupu, A. F., & Sormin, S. A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 314–320. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i3.1937

Harun, S., Nurwati, N., & Nuriah, E. (2023). Fungsi Afektif pada Keluarga PSK di Kota Gorontalo. Jurnal Darma Agung, 695–705. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3238

Ibda, F. (2023). Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan. Intelektualita, 12(02), 153–172.

Indarsih, F. (2023). Keluarga sebagai Basis Penguatan Karakter Dasar Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Kurniawan, A. T., Anzelina, D., Maq, M. M., Wahyuni, L., Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2024). Pengembangan Pendidikan Anak SD dalam Kurikulum Merdeka6 STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Al Ikhlas Journal of Human And Education, 4(4), 836–843.

Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan. (2021). Pendidikan Keluarga sebagai Basis Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 92–106. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Muriana, Saenom, Nubatonis, F., & Mau, M. (2024). Pentingnya Pendampingan Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Anak Usia 10-12 Tahun Di Dusun Sentagi. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen.

Murron, F. S., Heryanto, D., Somantri, M., Darmayanti, M., Hendriyani, A., & Hermawan, R. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 880–888. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4411

Ningtyas, A. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar bagi Prestasi Belajar Kimia melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(11).

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.969

Prasmasiwi, S., & Hidayat, M. T. (2022). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Bakat Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5847–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3139

Prawiyogi, A. G., Sa’diah, T. L., Asmara, A. S., & Ainesta, W. (2022). Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Hasil Belajar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2244

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.

Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 12–20.

Rusni, I., Karnilawati, Desyandri, & Murni, I. (2022). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10896–10899.

Salsabilah, N., Jadidah, I. T., Rosyada, A., Primadona, D., & Lestari, A. (2023). Analisis Perilaku Bersosialisasi Anak Usia 6-12 tahun di Panti asuhan Titipan Ilahi. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(4), 316–325.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2024). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1906–1912.

Sari, Y. A., Zainiyah, Z., & Nurtamam, M. E. (2025). Literatur review: Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 79–85.

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i2.36

Sugiantara, I. G. Y. P., & Selasih, N. N. (2024). Pendidikan Budi Pekerti Pada Anak di Panti Asuhan Tat Twam Asi (Perspektif Agama Hindu). Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Syahrizal, H., & Jilani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23., 1(1), 13–23.

Tekege, S. A., & Setiawan, H. (2020). Korelasi antara Perhatian Orang tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sekarpuro, Kab. Malang. Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 2020. http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp

Utaminingtyas, S., Subaryana, & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 349–359. https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Jurnal Manajemen, 5(2), 35–46.

Winarni, Sudarmiani, & Rifai, M. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Zein, R., Nisak, K., & Maielfi, D. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 103–112. https://doi.org/10.57251/ped.v3i1.991




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.