Identifikasi Partisipasi Belajar Peserta didik Kelas IV pada Pembelajaran IPAS

Suci Sugiharti Nurjanah

Abstract


ABSTRAK. Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Namun, observasi awal di SDN 1 Palimanan Barat menunjukkan rendahnya partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV akibat dominasi model konvensional dan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga membuat peserta didik pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS pada kelas IV SDN 1 Palimanan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 44 peserta didik, dan data dikumpulkan menggunakan angket partisipasi belajar yang terdiri atas 20 pernyataan berdasarkan lima indikator menurut Ayuni & Suwena (2024), yaitu vissual activities, oral activities, listening activities, writing activities, dan emotional activities. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif berupa perhitungan persentase untuk mengetahui tingkat partisipasi berdasarkan setiap indikator. hasil dari penelitian ini  adalh tingkat partisipasi belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Palimanan Barat berada pada kategori “sangat baik” dengan persentase 91%. Temuan ini menunjukkan bahwa peserta didik telah menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran IPAS, terutama pada indikator emotional activities, oral activities, listening activities,  dan vissual activities. Namun demikian, masih diperlukan penguatan dalam indikator writing activities agar partisipasi belajar peserta didik dapat berkembang secara menyeluruh di semua aspek pembelajaran.

Kata kunci: Partisipasi belajar, pembelajaran ipas


References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Anis Handayani, J., & Widodo, A. (2024). the Impact of Student Participation in Environmental Education Programs on Pro-Environmental Behavior. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(2), 219. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/8475

Aprisari, S., Romadon, & Pitriyana, S. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbantuan Liveworksheet Kelas V SDN 19 Pangkalpinang. Jurnal Basic Education Skills, 1(3), 15. https://jbes.unmuhbabel.ac.id/index.php/jbes/article/view/68/24

Ayuni, K. A. T., & Suwena, K. R. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Partisipasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(1), 8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/49469

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/11013/pdf

Karimah, N., Rasimin, & Andiyaksa, R. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12972. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4514

Librianty, H. D., & Maniri, M. S. si. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar Melalui Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 3.

O’Brien, S., O’Hara, J., McNamara, G., O’Hara, J., Hogan, S., Sullivan, J., Tobin, P., Joyce, F., Devine, R., & Irwin-Gowran, S. (2024). Student participation in Irish primary schools. Education, 52(6), 860. https://doi.org/10.1080/03004279.2024.2332859

Pratiwi, C. O., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 295. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.100-104

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Susilawati, & Jannah, W. N. (2019). Metode Pembelajaran Montessori Berbasis Alat Peraga Matematika Berbahan Limbah Karet Spons Terhadap Partisipasi Aktif Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 111.

Susilawati, Jannah, W. N., & Dianasari. (2018). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPA Calon Guru SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 39. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/8871

Wahyuni, N. E., Pramono, D., & Hastini, W. (2022). Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Buay Pemaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1837. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5573/4048

Yulianawati, D., Wahyuningsih, A., & Pebriana, N. A. (2022). Pengembangan Instrumen 4TSDT (Four Tier – Science Diagnostic Test) untuk Mengidentifikasi Level Konsepsi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9484. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4117/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.