Impelementasi Media Pembelajaran STEM Kit Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V MIN 4 Tebo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui implementasi media pembelajaran STEM Kit berbasis proyek pada siswa kelas V MIN 4 Tebo. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian keterampilan kolaborasi menggunakan rubrik yang meliputi aspek komunikasi, partisipasi, tanggung jawab, dan kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama, rata-rata skor kolaborasi siswa sebesar 65,2 dengan 36% siswa berada pada kategori baik. Pada pertemuan kedua meningkat menjadi 79,4 dengan 72% siswa pada kategori baik. Pada siklus II pertemuan pertama, rata-rata skor mencapai 72,8 dengan 60% siswa pada kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua meningkat signifikan menjadi 85,6 dengan 88% siswa pada kategori sangat baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan STEM Kit berbasis proyek mampu menciptakan pengalaman belajar yang mendorong keterampilan kolaborasi siswa secara bertahap dan berkesinambungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran STEM Kit berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru untuk mengintegrasikan STEM Kit dalam pembelajaran berbasis proyek serta bagi madrasah untuk mendukung pengembangan media serupa sebagai upaya menyiapkan keterampilan abad ke-21.
References
Alkautsar, Shifa, Moh. Mirza Nuryady, Husamah Husamah, Poncojari Wahyono, and Fuad Jaya Miharja. 2023. “STEM-PjBL Worksheet : Ways to Improve Students’ Collaboration, Creativity, and Computational Thinking.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 9(2):681. doi: 10.33394/jk.v9i2.7587.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Basari Eko Wahyudi, Achmad, Moh Salimi, Ratna Hidayah, Hasan Zainnuri, and Laksmi Evasufi Widi Fajari. 2024. “The Improvement of Students’ Creative and Collaborative Thinking Skills by Applying STEAM-Integrated Project-Based Learning.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 9(1):16–29.
Boston Children’s Museum Race. 2018. “STEM Family Activities Workbook The.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Coufal, Petr. 2022. “Project-Based STEM Learning Using Educational Robotics as the Development of Student Problem-Solving Competence.” Mathematics 10(23). doi: 10.3390/math10234618.
Fiorentina, Laviola, and Henry Setya Budhi. 2025. “Model PBL-STEM Pada Materi Ekosistem: Pengaruhnya Terhadap Kolaborasi Siswa.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 13(2).
Hussein, Bassam. 2021. “Addressing Collaboration Challenges in Project-Based Learning: The Student’s Perspective.” Education Sciences 11(8). doi: 10.3390/educsci11080434.
Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planne. Deakin University.
Kwon, Hyunkyung, and Yujin Lee. 2025. “A Meta-Analysis of STEM Project-Based Learning on Creativity.” STEM Education 5(2):275–90. doi: 10.3934/steme.2025014.
Kyi, Wai Wai, and Tetsuo Isozaki. 2023. “Comparing Science Curricula in Myanmar and Japan: Objectives and Content Covered in Lower Secondary Textbooks.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 19(7). doi: 10.29333/ejmste/13305.
Laal, Marjan, and Seyed Mohammad Ghodsi. 2012. “Benefits of Collaborative Learning.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 31(2011):486–90. doi: 10.1016/j.sbspro.2011.12.091.
Mariam Hoerunnisa, Shinta Purnamasari, and Andinisa Rahmaniar. 2024. “Analisis Analisis Implementasi Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Pendidikan Mipa 14(1):79–89. doi: 10.37630/jpm.v14i1.1469.
Marliani, Tia, Ghullam Hamdu, and Oyon Haki Pranata. 2021. “Pengembangan LKS Pembelajaran STEM Untuk Mencapai Keterampilan 4C Dengan Media Electrical Tandem Roller Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2):276–91. doi: 10.17509/pedadidaktika.v8i2.35334.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: Sage Publications.
Mitha Dwi Anggriani, Ilfi Intansari, and Lina Indriani. 2024. “Project-Based Learning: Cultivating Collaborative Skills in Science Education.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 13(5):184–90. doi: 10.33578/jpfkip-v13i5.p184-190.
Purnamasari, Ni Nyoman Dayuni, Yunita Arian Sani Anwar, and Eka Junaidi. 2025. “Pengembangan E-LKPD Berbasis PjBL-STEM Pada Pokok Bahasan Asam Basa.” Chemistry Education Practice 8(1):49–55. doi: 10.29303/cep.v8i1.8597.
Rifanty, Epriliana. 2019. “Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur.” Jurnal Jpsd 1(1):6.
Septiadevana, Riski, and Norazilawati Abdullah. 2024. “Developing STEM Project-Based Learning Module for Primary School Teachers: A Need Analysis.” International Journal of Evaluation and Research in Education 13(4):2585–93. doi: 10.11591/ijere.v13i4.28894.
Sholikah, Siti Khofifatus, Sunarti Sunarti, and Titin Masfingatin. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMP Melalui Model PJBL Dengan Pendekatan TARL.” Jurnal PTK Dan Pendidikan 9(1):47–58. doi: 10.18592/ptk.v9i1.9400.
Sumanti, Vivi. 2025. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Stem - Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Indonesia 6(1):130–55. doi: 10.59141/japendi.v6i1.6665.
Sutton, Cavender. 2019. “Digital Commons @ East Tennessee State University ‘ We Germans Fear God , and Nothing Else in the World !’ Military Policy in Wilhelmine Germany , 1890-1914.” 1890–1914.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.38201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.jpg)


