Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Arjawinangun

Liviana Safitri

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas V SD Negeri 1 Arjawinangun, kesulitan belajar matematika peserta didik, dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 1 Arjawinangun. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing sangat penting dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar matematika. Guru membantu peserta didik mengatasi kesulitan pada aspek konsep matematika, rumus konsep matematika, dan soal pemecahan masalah konsep matematika. Dengan demikian, peserta didik mampu memahami konsep matematika, menerapkan rumus konsep matematika, dan menyelesaikan soal pemecahan masalah konsep matematika. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa peran guru sangat penting dalam mengatasi kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Arjawinangun. Guru dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan matematika dengan menerapkan perannya sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing.Kata kunci: Peran Guru; Fasilitator; Motivator; pembimbing; Kesulitan Belajar Matematika.

References


Agustiaputri, D. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 3 Sumber. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 4323-4329.

Aryanto, A. F. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 015 Langkan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9473-9480.

Asikin, Y. A., Sibala, I., dan Rasyid, N. (2021). Peran guru mata pelajaran matematika dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education. 6(1), 54-62.

Audirah, N. A. (2019). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 013 Tanjung Selor. Universitas Borneo Tarakan.

Gagulu, S.R.G. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Pembelajaran Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (1), 6-11.

Kasih, A.C. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Koneksi Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Batanghari. Doctoral dissetation, Universitas Batanghari Jambi.

Lestari, A. M. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik Di SD negeri 47 Bengkulu Selatan. Doctoral dissertation. IAIN Bengkulu.

Meri, E. G. (2022). Peran guru dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 200-208.

Rahmawati, R. (2019). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Peserta didik. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.

Sri, L. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas 1 SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Doctoral dissertation. UNDARIS.

Sulistiani, I. &. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 1261-1268.

Syarifa, H. (2021). Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III MIN 27 Aceh Besar. (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Tussadiah., H. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 1 Pamijahan Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Skripsi, (Tidak diterbitkan).

Yulianasari., L. (2023). Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV SD Negeri 1 Waleddesa Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Skripsi, (Tidak diterbitkan).

Yuliyanti, F. D., dan Abduh, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV SDN I Kemusu Boyolali. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.