Menganalisa Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan dengan Metode Saintifik

Wa Ode Diana, La Suha Ishabu, Nessy Pattimukay

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis kesalahan dan alasan di baliknya di antara siswa kelas V di SDN 64 Galunggung ketika mereka mengerjakan soal pecahan matematika menggunakan konten pecahan dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi prosedur dokumentasi, wawancara, dan penilaian. Peneliti menemukan bahwa siswa melakukan empat jenis kesalahan yang berbeda: kesalahan konseptualisasi, kesalahan pemecahan masalah, kesalahan prinsip, dan kesalahan kecerobohan. Baik variabel internal (pemahaman konseptual yang buruk, dorongan belajar yang rendah, dan ketidakakuratan) maupun eksternal (strategi pengajaran dan lingkungan belajar) berkontribusi terhadap kesalahan-kesalahan ini. Diyakini bahwa hasil-hasil ini akan membantu para pendidik dalam menciptakan kelas-kelas yang dapat mengurangi kesalahan siswa.

Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Soal cerita, Pecahan, Saintifik


References


belajar matematika kelas iii sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).

Astuty, K. Y. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pec ahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3).

Badaruddin, dkk. 2016. “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 2 Hal. 43-56 tahun 2016. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=badaruddin+analis is+kesalahan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Da2cg76v6l30J (Diunduh pada 20 Januari 2021 pukul 20.00)

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81a tahun 2013 tentang implementasi kurikulum pedoman umum pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud RI.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama..

Sugiyono.2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Wahyuningtyas, D.T., Ladamay, I. & Yuniasih, N. 2014. Analisis pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SDN Gadang 1 Malang. Pada N. Hanifah & Julia (Eds), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. 29-30 November 2014. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia. 301-307.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.