Efektivitas Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Elemen UUD 1945 di Fase B
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya aspek kognitif pada pelajaran Pendidikan Pancasila elemen UUD 1945 terkait materi hak dan kewajiban, yang salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif yang kerap menghambat perkembangan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran RICOSRE, yang bertujuan untuk menguji dan mencari tahu efektivitas model tersebut terhadap hasil belajar peserta didik pada elemen UUD 1945 di fase B sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang terpilih sebanyak 23 peserta didik kelas IV salah satu sekolah dasar di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan jenis soal pilihan ganda dan uraian. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Berdasarkan data, rata-rata hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 36,09. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada uji N-Gain diperoleh nilai 0,78 yang berada pada kategori tinggi dan efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran Pendidikan Pancasila Elemen UUD 1945 di fase B. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam penerapan model pembelajaran RICOSRE pada cakupan yang lebih luas.
Kata kunci: RICOSRE, Hasil Belajar, Elemen UUD 1945
References
Alwafa, N., Agustina, T. W., & Hadiansah. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model RICOSRE-FC Pada Materi Ekologi. Pena Masum Sujai Inspire Conference, 1(1), 85–92.
Alwan, M., Saputra, H. H., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPPKN Kelas V Sdn 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.102.
Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1753.
Azrai, E. P., Erna Heryanti, Zain, A., & Pratiwi Ningsih. (2022). Problem-solving ability: Implementation of RICOSRE learning models on environmental change topic. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 95–104. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i2.21748.
Basri, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Di Sekolah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas Iii Sd Negeri 26 Kota Ternate. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(I), 54–66.
Diah, I. (2021). Pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbasis platform online pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang.
Febrinita, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).https://jurnal.pmat.unibabpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/download/269/61
Hadijah, S., Nisa, K., & Syahrul Jiwandono, I. (2022). Pengaruh Model Make A Match terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn Kelas IV SDN 26 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022. PEDAGOGIA : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 103–112. https://jurnal.educ3.org/index.php%0Ahttps://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia
Haka, Sari, Supriyadi, Handoko, A., Hidayah, N., & Masya, H. (2023). RICOSRE-Assisted Learning with Podcasts in Biology Education: Enhancing Analytical Thinking and Communication Skills. Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning (J-HyTEL), 1(1), 16–23.
Ilahi, A., Maraguna, T., Nurbaiti, & Theresia, M. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Example Nonexample Kelas V Sd Negeri 200302 Padangsidimpuan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(3), 7–16. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/308/185.
Indrati, M. A. G., Zuhdi, U., & Kasiani. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hak Dan Kewajiban di UPT SD Negeri 107 Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol., 1(3), 151–165.
Izzati, F. A., & Novitasari, N. (2023). Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Mewujudkan Warga Negara Bertanggung Jawab (Civic Responsibility). Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan. 4(2723–7389), 1–6.
Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024. Permendikbud Ristek, Issue 021, hlm 96-97.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Framework Survei Karakter: Asesmen Nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmendik), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Diakses tanggal 25 Juni 2025 pada https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-136.
Laily, R. N., Puspitasari, W. V., Suryandari, K. C., & Jumanto. (2024). Pemanfaatan Media Scrapbook pada Peningkatan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 2245–2250.
Mahanal, S., Zubaidah, S., Mukti, W. R., Agustin, M., & Setiawan, D. (2021). Promoting male and female students’ scientific literacy skills through RICOSRE learning model. AIP Conference Proceedings, 2330(0300447), 1–7. https://doi.org/10.1063/5.0043309
Mahmudah, S. R., & Subiantoro, A. W. (2025). Effectiveness Of Ricosre Learning Model Using Audiovisual Media On Students ’ Critical Thinking Abilities And Learning Outcomes On Blood Circulatory System Material. JWS: Journal Of World Science, 4(3), 283–295. https://doi.org/10.58344/jws.v4i3.1310
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mawaddah, K., Mahanal, S., Gofur, A., Setiawan, D., & Zubaidah, S. (2021). RICOSRE: An innovative learning model to promote scientific literacy. AIP Conference Proceedings, 2330(030042), 1–8. https://doi.org/10.1063/5.0043303
Murron, F. S., Heryanto, D., Somantri, M., Darmayanti, M., Hendriyani, A., & Hermawan, R. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 880–888. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4411
Mustofa, Z., Ulya, I. L., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa dalam Memahami Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19–35. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755
Ningsih, S. W., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Tanah Abang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1935–1939. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5643
Nurdyanti, I., Sa’adah, S., & Hadiansah. (2024). Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran RICOSRE Berbantu Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan. In Pena Masum Sujai Inspire Conference, 1(1), 180–187.
Oktaviasari, D., & Wahyudi, U. M. W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran HANBAN (Hak dan Kewajiban) Berbasis ADOBE Animate untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pancasila Siswa Kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 822–836.
Rahmawati, D. P., Mahanal, S., & Lestari, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Berpikir Analitis pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1650–1654. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15074
Revayani, & Pramudian. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Jatirahayu II Bekasi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 366–374. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.301
Sari, A. R., Syaripudin, T., & Murron, F. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 46–55.
Setiawan, R. (2024). Pengaruh model ricosre berbantu mind map digital terhadap self confidence, kreativitas, dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi di SMA 3 Polewali Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang.
Siahaan, E. S., Situmorang, M. V., & Silaban, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 417–421. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3145
Sumiati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018). Potensi Pembelajaran RICOSRE Pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(10), 1319–1322.
Utama, R. P., Rengganis, I., & Murron, F. S. (2024). Pengembangan Media “ PANDAPAN ” Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Fase B. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 7(2), 223–234.
Wadi, M. H., Gunayasa, I. B. K., & Nisa, K. (2021). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Gerung Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 144–151. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/25%0Ahttps://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/download/25/24.
Wahyudi, A., Setiawan, D., & Jamaludin. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Perspektif Moral dan Karakter. In CV. AA. RIZKY. CV. AA. RIZKY.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.jpg)


