Media Fun Thinkers Book dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Madrasah Ibtidaiyah

Herawati Herawati, Fatur Rahman, Mimi Hariyani

Abstract


Pembelajaran yang menarik merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. ketika pembelajaran yang dilakukan tidak menarik dapat membuat peserta didik bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran, sehingga masih ada yang belum dapat memahami pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Pada Materi Operasi Hitung Bilangan di MIN 26 Aceh Besar. Jenis penelitian ini eksperimen quasi dengan teknik pengumpulan data tes. Analisis data menggunakan uji t Independent Sampel Test. Populasi penelitian yaitu seluruh Peserta didik kelas I di MIN 26 Aceh Besar, yang terbagi menjadi 2 kelas, kelas IA menjadi kelas kontrol dan kelas IB menjadi kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t Independent Sampel Test diperoleh nilai signifikan (2- tailed) 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh media Fun Thinkers book terhadap hasil belajar peserta didik kelas I pada materi operasi hitung bilangan cacah di MIN 26 Aceh Besar

References


Abdul Istiqlal. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Predena Media Group.

Aisyah, Siti, dkk. 2021. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan modul matematika dengan strategi problem solvin guntuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 122-129.

Audie, (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.

Kholil, m., & zulfiani, s. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.

Megawati. (2018). “Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Tunas Pendidikan, Vol.1No.1, hal 21–30.

Nurhaeni, Pranata, H. O., & Respati, R. (2019). Pengaruh media kartu bilangan terhadap pemahaman siswa mengenai operasi pengurangan bilangan bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 58-67.

Rahmah, Luthfiana (2022). Pengembangan Media "Fun Thinkers Book " untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,1(2),6361- 6372.

Riani, Putri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book ”Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173-184

Putri, Eva. (2022).Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Kelas IV SDN Inpres Rai Oi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2105-2113




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.36438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.