Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V SD Negeri I Mujing
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi kesultan siswa kelas V SD Neegeri I Mujing dalam menyelesaikan soal-soal HOTS, dilihat dari kemampuan penalaran matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan data diperoleh melaluui tes dan wawancara. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa baik siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi maupun rendah mengalami kesulitan dalam kategori yang sama, yaitu kesulitan konseptual, komputasi, prosedural, rendahnya penguasaan kemampuan dasar matematika, serta kesulitan memahami konteks soal dan menyusun strategi pemecahan. Namun, indikator kesulitan yang muncul berbeda pada tiap kategori siswa. Siswa dengan penalaran tinggi umumnya mengalami kendala pada tahap akhir penyelesaian, sedangkan siswa dengan penalaran rendah kesulitan sejak tahap awal hingga akhir. Penelitian ini juga menemukan dua jenis kesulitan baru, yaitu kesulitan memahami konteks soal terapan dan kesulitan menyusun strategi penyelesaian, yang dialami oleh seluruh siswa.
References
Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3053–3066. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412
Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Fpb & Kpk Kelas V Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.995
Haryati, F. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1331
Kesalahan, A., Dalam, S., Sara, S. A., Astuti, R., & Haryadi, R. (2022). MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTs MUJAHIDIN PONTIANAK. 4, 365–376.
Maqfiro, D. A., & Fadilah, Y. (2024). MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN WAKTU DI SDN. 5, 108–114.
Mita Miranda Sitanggang, & Edi Syahputra. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skills. Journal of Student Research, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2081
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Rohaeti, E. E., & Koswara, D. (2018). Mathematical critical thinking and resiliency: Experiment of grade-7 students using scientific approah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 223–232. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.17322
Sofyan, F. A., Krisna, P., & Astuti, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Berbasis Hots Pada Siswa Kelas Iv. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 90. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a9.2020
Suwarto. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285–294. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.509
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan 2017, 1–40.
Wijayaningtyas, E., & Sumardi. (2020). Analisis Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Yang Berorientasi Hots Siswa Smp Muhammadiyah 1 Sukoharjo. 233–252.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.jpg)


