Problem Based Learning di MI: Telaah Literatur Tentang Perancangan Masalah Kontekstual dan Peran Guru sebagai Fasilitator

Nurul Khofifah Tuni'mah, Risma Luhmatul Amalia, Hanifah Anom Orchidea, Khoiria Milaumil Habibah, Laily Aprilia Nur Fauziah, Suttrisno Suttrisno

Abstract


Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Madrasah Ibtidaiyah (MI) muncul sebagai metode strategi untuk menghadapi tantangan pendidikan di era ke-21, khususnya dalam mengembangkan berpikir kritis dan mandiri sejak usia dini. Meskipun demikian, penerapan PBL dalam MI masih mengalami tantangan dalam menyusun masalah kontekstual yang sesuai dengan karakter peserta didik serta mengoptimalkan peran guru sebagai fasilitator. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur terbaru tentang prinsip-prinsip penyusunan masalah kontekstual dalam PBL dan menganalisis perubahan peran guru MI dalam mendukung proses pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui  Google Scholar  dan studi dokumentasi di perpustakaan.Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa penyusunan masalah yang nyata, berdasarkan kebijaksanaan lokal, dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam memiliki dampak signifikan terhadap keberhasilan PBL. Selain itu, guru MI perlu bertransformasi dari posisi sebagai pengajar menjadi fasilitator yang adaptif, reflektif, dan penuh empati. Kesimpulannya, keberhasilan PBL di MI sangat bergantung pada masalah desain bersama serta kompetensi fasilitasi yang dimiliki guru. Implikasi dari studi ini menekankan pentingnya pelatihan guru yang berkelanjutan serta pengembangan materi ajar kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik MI.


References


Ardianti, R. S. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics , 3(1), 27-35.

Ariyani, B. &. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Ariyani, B. a. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 353-361.

Cahyani, F. D. (2024). Penerapan model problem based learning berbantuan media interaktif dalam pembelajaran matematika kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 5(1), 14–21.

Dhani, R. R. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-50.

Kusumawardani, A. &. (2024). Blended learning berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA),, 10(1), 77–84.

Larasati, I. Y. (2021). Systematic literature review analisis metode agile dalam pengembangan aplikasi mobile. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 369-380.

Lubis, R. H. (2024). Membangun Keterampilan Abad 21: Review Literatur Tentang Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Sindoro: Cendikia Pendidikan.

Muhartini, M. M. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Nasriati, N. W. (2023). Problem Based Learning (PBL) Towards Student’s Critical Thinking Ability: Literature Riview. Prosiding Seminar Nasional Kimia,. Jurnal Kimia., 2(1), 112-118.

Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 26-34.

Ponidi, N. A. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif . Penerbit Adab.

Rosyidi, A. H. (2022). Merencanakan Pemecahan Masalah Kontekstual: Siswa Laki-Laki Vs Siswa Perempuan. Mathedunesa, 11(1), 97-110.

Salsabilah, A. S. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Samsudin, R. R. (2023). Efektivitas model problem based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 9(3), 912–919.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.

Supriwidodo, P. &. (2023). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar berdiferensiasi berbasis PBL pendidikan agama Katolik SD Santo Fransiskus Sragen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, (Vol. 4, No. 1, pp. 59-73).

Suryadi, E. M. (2025). Peningkatan kemampuan menyusun RPP mahasiswa dengan memanfaatkan sintaks model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Bindo Sastra, 8(2), 81-87.

Syahrir, D. E. (2023). Improving IPS Learning Outcomes for Elementary School Students in Each Class Using the Problem Based Learning Model. Radinka Journal of Science And Systematic Literature Review, 1(1), 14-22.

Triandini, E. J. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Vebrianto, R. &. (2021). Problem Based Learning untuk Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. CV. DOTPLUS Publisher.

Walenta, R. (2022). Penggunaan model pembelajaran problem bassed learning dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 33-39.

Wulansari, I. M. (2023). Pengembangan modul berbasis problem based learning bermuatan budaya lokal untuk siswa SD. Innovative: Journal of Curriculum and Educational Technology, 12(2), 188–198.

Yestiani, D. K. (2021). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar . Fondatia, 4(1), 41-47.

Yu, L. &. (2023). The Critical Thinking-Oriented Adaptations of Problem-Based Learning Models: A Systematic Review. Frontiers in Education, 8.

Yusnidar, N. R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Education and Development, 11(1), 17–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.