Dinamika Pendidikan Sekolah Dasar: Capaian Tingkat Pendidikan Berdasarkan Analisis Karakteristik Demografi

Eni Marta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi penduduk berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan serta implikasinya terhadap kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan data yang diperoleh dari publikasi resmi Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif serta divisualisasikan untuk memahami pola distribusi tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 24,06% penduduk yang tidak atau belum bersekolah, serta 10,62% yang belum tamat SD, sehingga total penduduk yang tidak menyelesaikan pendidikan dasar mencapai 34,68%. Temuan ini mengindikasikan bahwa akses dan penyelesaian pendidikan dasar masih menjadi tantangan di beberapa wilayah. Selain itu, proporsi penduduk dengan pendidikan tinggi masih relatif rendah, dengan hanya sebagian kecil yang mencapai tingkat sarjana atau lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kebijakan yang lebih efektif dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dasar, terutama bagi kelompok masyarakat yang rentan. Pemerintah dan pemangku kebijakan diharapkan dapat memperkuat program intervensi pendidikan guna meningkatkan angka partisipasi sekolah dan menyelesaikan kesenjangan pendidikan yang masih terjadi di Indonesia.

References


Alhajraf, N. M., & Alasfour, A. M. (2014). The Impact of Demographic and Academic Characteristics on Academic Performance. International Business Research, 7(4). https://doi.org/10.5539/ibr.v7n2p92

Ayu Wulantari, R. (2018). Dampak Karakteristik Demografi Pada Perolehan Pendapatan Pekerja Perempuan Sektor Informal Di Kota Palembang. In The Journal of Society & Media (Vol. 2, Issue 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023 (Imam Machdi, Ed.). https://web-api.bps.go.id/download.php?f=45spobEXLKmkyxDKk+uUDE9pZjVGUDhOKzN3UU1ORThYR1V2MWlrVld3dUxYeDc3NzVJV1JzN0RZRVlldVN0SE1SdFlPK0JRaDdRbDEydTNjODBoSmxjUFZUaWw4SmJNUDMrLzY0R2RPais0U282cWtWbFQ5ZjNKQm9hYlpBQ0ZNb21IK3RpOUx5a0JKbmcxR1RCTDBjMWlKcVh3Wmw4RXlCOXd6QlhaNEpMTkZKLzBDeDBkWkk3Q3d2M3NXU0hMZ2JPZldFelI2M1pGYXBEQ0R4MTdQeTNDWXY5ZWdQTEEvaElqVnc3VDZubVJud1B3Yi9jQzZ2VG0yUTlsTlY0bDZ4SVZQL0lEdm5BL21WSnI=&_gl=1*1f0qqdr*_ga*MTExODIxNTA0OS4xNzQxNzUzNTMz*_ga_XXTTVXWHDB*MTc0Mjc5OTI0NC42LjAuMTc0Mjc5OTI0NC4wLjAuMA..

Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Pendidikan Tahun 2024 (1).

Cormann Mathias. (2021). Education at a Glance 2021. OECD. https://doi.org/10.1787/b35a14e5-en

Kementerian, S., Perempuan, P., & Anak, P. (2023). LAPORAN KINERJA 2023. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTA4OQ==

Tilak, J. (2002). Determinants of Household Expenditure on Education in India. https://www.researchgate.net/publication/307975070

UNESCO. (2022). Global Education Monitoring Report: Education Finance and Policy. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000381644

Widyanti, T., & Mulyana, E. (2019). Analisis Faktor Pendidikan dan Demografi terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa.

World Bank. (2021). World Development Report. https://wdr2021.worldbank.org/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.36285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.