STRATEGI GURU DALAM MELKASANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERORIENTASI BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN ABAD 21

Samkhi -, Nana Hendracipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21 dengan memfasilitasi peserta didik mulai dari kesiapan, gaya belajar dan juga minat peserta didik. Dengan memaksimalkan diferensiasi konten, proses dan juga produk. Penelitian dilakukan oleh peneliti menggunakan metode jenis deskriptif dalam pendekatan kualitatif  Pendekatan Kualitatif adalah penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena-fenomena, peristiwa, aktivitas sosial secara alamiah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini guru telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang berorientasi pada keterampilan abad 21 baik itu diferensiasi konten, proses maupun produk. Yang dilakukan pada perencanaan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan abad 21 dan juga proses pembelajaran yang mengedepankan empat aspek tentang pembelajaran berdiferensiasi yakni diferensiasi konten, proses, produk dan juga linkungan belajar. Dengan penilaian terhadap keterampilan abad 21 yakni keterampilan 4C ( berfikir kritis, komunikasi , kolaborasi dan kreativitas).

References


Amri, S. (2013). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Faiz, A., & Fitri, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Program Guru Penggerak. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(1), 45-60.

Faiz, M., dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Konteks Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(1), 2847-2862.

Hanifa, R. M. (2021). Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Abad 21, 10(2), 36-50.

Harahap, D., & Nugraha, A. (2024). Kolaborasi dalam pembelajaran berbasis proyek: Studi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45–58.

Mardhiah, F. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Bandung: Alfabeta.

Mardhiyah, R. (2021). Keterampilan Penting dalam Era Digitalisasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 36-48.

Putri, A. R., & Sari, M. N. (2022). Integrasi keterampilan 4C dalam pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(4), 99–111.

Syaiful, B. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pendidikan Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, A., & Putri, M. (2021). Diferensiasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Berbasis Kompetensi, 8(4), 55-70.

Syaiful, B. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pendidikan Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Setiawan, R., & Hidayat, N. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran. Jurnal Pengembangan Kurikulum, 9(2), 99-115.

Slamet, M. (2022). Peran Keterampilan Sosial dan Emosional dalam Pendidikan Abad 21. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 45-60.

Sutrisno, B. (2022). Diferensiasi sebagai Model Pembelajaran Berbasis Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 11(2), 140-155.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (2nd ed.). Alexandria: ASCD.

UNESCO. (2015). Education for the 21st Century: Global Trends and Challenges. Paris: UNESCO.

Uno, H. B., & Umar, N. (2023). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

US-based Apollo Education Group. (2019). 21st Century Skills: Preparing Students for the Future. New York: McGraw-Hill.

Witarsa, R., & Kurniasari, D. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Kreativitas dan Inovasi Pendidikan, 5(2), 23-40.

Zulkarnain. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Modern. Medan: Nusantara Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.37435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.