Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar IT Humairoh 2 Pekanbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama siswa melalui
penerapan Model Pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar IT
Humairoh 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa,
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa
kelas V Sekolah Dasar IT Humairoh 2 Pekanbaru yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 9 orang
siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini
dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan
kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V yang dilaksanakan menunjukkan adanya
peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan kemampuan kerjasama siswa hanya
mencapai 59% yang berada pada rentang <75% dengan kategori Kurang. Setelah dilakukan tindakan
kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 46% yang berada pada rentang 41-
60% dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82% yang berada
pada rentang 80- 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
kemampuan kerjasama siswa pada penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan
kemampuan kerjasama pada mata pelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar IT Humairoh 2 Pekanbaru.
References
Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi
Contohnya, (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2021).
Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi
Contohnya, (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2021).
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004).
Dini Rosdiani, Model Pembelajaran Langsung dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,
(Bandung: Alfabeta, 2012).
Efendi Nur, Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan
Hasil Belajar Biologi Siswa, Jurnal Pedagogia, Vol. 2, No. 1, Februari 2013.
Enda Triyanti, Sri Saparahayuningsih dan Sumarsih, “Meningkatkan Kemampuan
Kerjaasama Melalui Bermain Simbolik”, Jurnal Ilmiah Potensia, Vol 1 No 1
(2016).
Heri Rahyubi, Teori- teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, (Bandung: Husameda,
.
Irwandi, Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep
Pada Peserta Didik MTS Al-hikmah, Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-biruno,
Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, (Bandung:
Alfabeta, 2014).
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.
(Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2011)
Mansyur, Strategi Belajar Mengajar Modul, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan
Kelembagaan Agama Islam, 1998).
Mardia Hayati, Desain Pembelajaran. (Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatra, 2014).
Marten, Peningkatan Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Karitas
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
division (STAD).
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar,
.
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Siswa Pada Muatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Babussalam
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.38240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.jpg)


