Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Interaktif Digital di Kelas II SD

Sabrina Sudarwan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas II C SD Maitreyawira Palembang, di mana hanya 43% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Penelitian membuktikan efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan permainan interaktif digital dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 43% pada pra-siklus menjadi 68% pada siklus I, dan 89% pada siklus II. Selain peningkatan aspek kognitif, pembelajaran ini juga memunculkan motivasi, partisipasi aktif, dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan permainan interaktif digital layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah dasar.

References


Awaliah, N., & Risan, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di Kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa. Indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1095-1101.

Dweck, C. (2009). Who will the 21st-century learners be? Knowledge Quest, 38(2), 8–10.

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.

Istika, D. D. B., & Rusnilawati, R. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12658-12663.

Kemmis, S. and McTaggart, R. (eds). (1988). The Action Research Planner. (ThirdEdition) Waurn Ponds: Deakin University Press.

Kurniawan, G. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model AIR Berbantuan Media Pakpikpok. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 183-190.

Kusumawati, A. A. (2024). Self regulation dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Empati, 13(3), 242-247.

Koto, R. D., Giatman, M., Ernawati, E., Wagino, W., & Sulastri, A. (2024). PERAN GROWTH MINDSET DALAM PENDIDIKAN ABAD 21: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. Ensiklopedia of Journal, 7(1), 87-95.

Maulidina, A., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2024, September). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. In PROSSIDING GALUH MATHEMATICS NATIONAL CONFERENCE (Vol. 4, No. 1, pp. 068-074).

Nursyahira, P., Mawaddah, D., Indahyani, N., Maisaroh, S., & Lubis, R. H. W. (2024). Penggunaan Media Digital Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 4(2), 163-171.

Palupi, S. R., & Suaedi, H. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Game-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Memfasilitasi Pembelajaran Aktif Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Jember pada Materi Unsur Intrinsik Cerita Pendek. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 13123–13131.

Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12-24.

Riska, R., & Puspita, R. D. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 77-86.

Safitri, D., & Manurung, A. S. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Denada. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 127-133.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.

Wijaya, H., Amir, A., Riyanti, D., Setiana, S. C., & Somakila, R. S. (2023). Siklus Kemmis dan McTaggart: Contoh dan pembahasan. IAIN Pontianak Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i2.38037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.