Applying Debate Method In EFL Classroom

Robi Kurniawan

Abstract


Tulisan ini berfokus pada penerapan metode Debat didalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Metode yang diterapkan lebih bertujuan untuk memberi kompetensi linguistik daripada pengetahuan tentang debat itu sendiri. Karena tidak ada metode terbaik yang cocok untuk semua situasi belajar, metode ini dapat menjadi alternatif dalam mempelajari bahasa Inggris. Para ahli mendefinisikan metode ini sebagai metode belajar bahasa Inggris aktif. Hal ini dikarenakan metode ini benar-benar melibatkan seluruh siswa dalam situasi belajar. Metode ini menawarkan siswa untuk bekerja dan mengerti dengan lebih baik sendiri, menjadi lebih independen, bergerak, dan berfikir dengan keras namun menyenangkan. Ini sangat penting karena memberikan siswa kemampuan bahasa Inggris yang beraneka ragam, seperti mendengarkan, berbicara, megambil catatan, berfikir kritis dan sebagainya. Untuk tingkatan lanjutan, metode Debat dapat menjadi pemicu yang baik bagi siswa untuk memiliki kemampuan membaca bahasa Inggris yang lebih baik karena metode ini memotivasi siswa untuk membaca lebih banyak literatur dan sumber untuk mendapatkan lebih banyak referensi bagi alasan terhadap argumen dalam kelas Debat. Beberapa ahli yang lain mendefinisikan metode Debat sebagai metode inovatif.  Metode tersebut inovatif karena metode ini berkembang dari metode diskusi. Untuk membuat diskusi tradisional lebih bermakna (meaningful), Debat merupakan  pilihan yang baik dan layak untuk dicoba.

Keywords


Metode Debat; Belajar Aktif; Belajar Inovatif

Full Text:

Full Paper

References


Dobson, Julia M. Effective Techniques for English Conversation Groups. US Information Agency. Wahington D.C: 1981.

Hughey, Jane B. Teaching ESL Composition: principles and Techniques. Newbury House Publishers, Inc. Massachusetts: 1983.

Krieger, Daniel. Teaching Debate to ESL Students: A Six-Class Unit. Siebold University of Nagasaki. Nagasaki: 2005. http:/iteslj.org/techniques/Krieger-Debate.html

S&DU. Teacher’s Guide to Introducing Debate in the Classroom. csdf.fcde.ca / userfiles/ file/resources/teacher-debate-guide.pdf. Retrieved: June 15, 2013.

Silberman, Melvin L. Active Learning, 101 active students ways. Allyn and Bacon, Boston: 1996.

Sunda, Ruth. Debate and Persuasive Writing. Kyrene de Las brisas Elementary School. Chandler, AZ. 2006. http:// www.kyrene.org/schools/brisas/sunda/debate/debate.htm

Suyatno. Membedah Pembelajaran Inovatif.masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo: 2009.

WolfWikis. Debate Method in Middle Grades Social Studies. Retrieved: July 2, 2011. http://wikis.lib.ncsu.edu/index.php/Debate_method_in_middle_grades_social_studies

http://busyteacher.org/7245-conducting-calss-debate-essential-tips.html. Retrieved: June 15, 2013.


Refbacks




J/E/A/L/T   ISSN 2407-0998 (Print) | ISSN 2407-1005 (Online)

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
JL. KH. Ahmad Dahlan No. 94 Pekanbaru
28128 PO BOX 1004
HP. 0852-4896-2008 Fax. (0761) 858832 Telp 0761-562223

Email : jealt@pusat-bahasa.info

Creative Commons License
Journal of English and Arabic Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jealt.

Flag Counter