Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang

Damsir Ali, Muhamad Syarifudin, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang, hal ini dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 59,19, sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 65. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data ditemukan peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata  awal 59,19 menjadi 77,81. Aktifitas guru meningkat dari 70%  menjadi 95%. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari 65% menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang

Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Benyamin Salu, Tadius. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Kab. Toraja Utara. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(3), 36-53.

Putu Budi susila, Dewa Kade Tastra, Ngurah Japa. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Gugus III Kecamatan Busungbiu. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Damanhuri Daud, Mahmud Alpusari. (2011). Bahan Ajar Pendidikan Ipa Sekolah Dasar. Pekanbaru: Universitas Riau.

Ilham Handika, Muhammad Nur Wangid. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, I(1).

I Wayan Wijaya, I Wayan Lasmawan, I Wayan Suastra. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Minat Siswa terhadap Pelajaran IPA pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1-8.

Hendry Vebriana ,Yemima dan Ariyanti, Gregoria. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) dengan Pendekatan Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Educatio Vitae, 2(2).

Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pengajaran. Malang: Pustaka Pelajar

Ratna Dewi, Musa Thahir. (2018). Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI MA Al Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Instructional Development Journal, 1(1), 1-8.

Nina Nurliani, Herman Subarjah, Atep Sujana. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 981-990.

Oemar Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zainal Aqib, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.