Editorial Policies

Focus and Scope

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup jurnal ini berada di area pembelajaran dan pengajaran yang menyediakan platform untuk publikasi penelitian ilmiah paling maju di bidang pembelajaran, pengembangan, pengajaran dan pendidikan. Jurnal tersebut menyambut baik penyelidikan empiris yang asli. Jurnal ini mungkin mewakili berbagai perspektif teoretis dan pendekatan metodologis yang berbeda. Artikel mungkin mengacu pada tingkat usia, dari bayi ke orang dewasa dan keragaman pengaturan pembelajaran dan instruksional, mulai dari percobaan laboratorium sampai studi lapangan. Kriteria utama dalam tinjauan dan proses seleksi menyangkut pentingnya kontribusi terhadap bidang pembelajaran dan pengajaran.

FOKUS

Fokus jurnal ini meliputi beberapa aspek: petunjuk, pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan Guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel penelitian yang diserahkan ke jurnal online ini akan ditinjau oleh rekan sekurang-kurangnya 2 (dua) reviewer. Artikel penelitian yang diterima akan tersedia secara online setelah proses peer-review jurnal. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia.

 

Publication Frequency

Instructional Development Journal terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Fee

Instructional Development Journal tidak memungut biaya APC, biaya pengiriman, atau biaya lainnya. Semua proses publikasi artikel tidak dikenai biaya.

 

Scanning Plagiarism

Naskah yang diposting di jurnal ini akan diperiksa untuk plagiarisme melalui aplikasi Turnitin

 

Indexing Site

Instructional Development Journal (IDJ) (E-ISSN: 2686-1267, P-ISSN: 2657-1536)  diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau telah terindeks di:

1. Crossref

2. Google Scholar

3. Garuda

4. Moraref

5. One Search

 

Copyrights and Licenses

The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Instructional Development Journal (IDJ). The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form that must be signed by the corresponding author. After IDJ published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.

All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:

• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY)