The Transformation of Attitudes and Practices of Religious Moderation Among Lecturers at UIN Raden Fatah Palembang Following the Implementation of the Professionalism and Religious Moderation Index

Ari Azhari, Qoim Nurani, Muhammad Torik

Abstract


This research was motivated by the survey of the Religious Moderation Professionalism Index (IPMB) on all State Civil Apparatus within the Ministry of Religious Affairs. This program is carried out to quantitatively measure the level of professionalism and religious moderation of each ASN as a basis for assessment and evaluation in development efforts. The research question focuses on analyzing the transformation of attitudes and practices of Religious Moderation for the lecturers at UIN Raden Fatah Palembang Palembang, as well as exploring the efforts that must be undertaken by the lecturers at UIN Raden Fatah Palembang Palembang in implementing the principles of Religious Moderation at the university. The method used in this study is quantitative with the population and sample of  UIN Raden Fatah Palembang Palembang lecturers, for measurement techniques using the Likert scale, namely to measure attitudes, opinions and perceptions of UIN Raden Fatah Palembang lecturers about religious moderation. The results showed that the implementation of IPMB has had a positive impact on the transformation of attitudes and practices of religious moderation in UIN Raden Fatah Palembang lecturers. Lecturers become more understanding and internalize the values of religious moderation, so that their attitudes and practices become more moderate. This can be seen from the increasing national commitment, tolerance, nonviolence, and respect for local culture.


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survei yang dilakukan dengan menggunakan Indeks Profesionalisme Moderasi Beragama (IPMB) terhadap Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama. Survei ini dirancang untuk menilai seberapa profesional dan sejauh mana moderasi beragama dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara sebagai dasar sebagai landasan evaluasi dan pengembangan. Fokus penelitian adalah transformasi sikap dan praktik Moderasi Beragama pada dosen UIN Raden Fatah Palembang Palembang, serta upaya yang diperlukan untuk menerapkannya di lingkungan kampus. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan skala likert untuk menilai sikap, pendapat, dan persepsi dosen tentang moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi IPMB berpengaruh positif terhadap transformasi sikap dan praktik moderasi beragama pada dosen UIN Raden Fatah Palembang Palembang. Dosen mengalami peningkatan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, tercermin dalam komitmen yang lebih tinggi terhadap kebangsaan, toleransi, penolakan terhadap kekerasan, dan penghargaan terhadap budaya lokal. Perubahan ini mengindikasikan perlunya upaya berkelanjutan dalam mempromosikan moderasi beragama di kalangan akademisi untuk menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan harmonis. Penelitian ini memiliki implikasi penting tidak hanya bagi UIN Raden Fatah Palembang Palembang tetapi juga institusi pendidikan lainnya yang ingin meningkatkan moderasi beragama di kampus mereka. Peningkatan komitmen terhadap nilai-nilai moderasi beragama diharapkan dapat memperkaya dialog antaragama dan antarbudaya serta memperkuat kerjasama lintasagama dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan masyarakat.


Keywords


Transformation; Practice; Religious Moderation; Religious Moderation Professionalism Index (IPMB).

References


Abdul Syatar, Abdul Syatar, Muhammad Majdy Amiruddin, Arif Rahman, and Islamul Haq. “Darurat Moderasi Beragama Di Tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 13, no. 1 (2020). https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1376.

Agama, Kementerian. “Tafsir Kementerian Agama,” n.d. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/7?from=199&to=199.

Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia.” Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 50–53.

Allan Menzies. Sejarah Agama-Agama: Studi Karakteristik Dan Praktik Agama-Agama Besar Di Dunia, Terj. Dion Yulianto Dan EmIrfan. Yogyakarta: Familia, 2014.

Babun Suharto. Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: LKiS, 2019.

Buaben, Jabal M. “Kamali, Mohammad, Hashim: The Middle Path of Moderation in Islam - The Qur’anic Principle of Wasatiyyah.” ICR Journal 8, no. 3 (2017). https://doi.org/10.52282/icr.v8i3.187.

Ditjen Bimas Islam. Moderasi Beragama Persepektif Bimas Islam. Jakarta: Ditjen Bimas Islam kemenag RI, 2022.

Faisal, M. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” ICRHD: Journal of Internantional Conference on …, 2020. http://confference.iainptk.ac.id/index.php/icrhd/article/view/17.

Fatah, RMB UIN Raden. “RMB UIN Raden Fatah Kuatkan Moderasi Beragama Bagi Mahasiswa Baru,” 2022. https://radenfatah.ac.id/index.php/front/berita_detail/2364/RMB-UIN-Raden-Fatah-Kuatkan-Moderasi-Beragama-bagi-Mahasiswa-Baru.

Fiqar, Muhammad Ahlul. “Survei IPMB, Menag: ASN Kementerian Agama Harus Menjadi Motor Penggerak Moderasi Beragama.” Kementerian Agama, 2022. https://pendis.kemenag.go.id/read/survei-ipmb-menag-asn-kementerian-agama-harus-menjadi-motor-penggerak-moderasi-beragama.

Hasyim Muhammad. Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di PTKIN. Eprints.Walisongo.Ac.Id. Semarang: Rafi Sarana Perkasa, n.d. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15497/.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182.

Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami. “Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020.” KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244.

Islam, M Abror - Rusydiah: Jurnal Pemikiran, and undefined 2020. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi.” Ejournal.Stainkepri.Ac.Id. Accessed March 26, 2022. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/rusydiah/article/view/174.

“KBBI Daring,” n.d. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wasit.

Kementerian Agama RI. “Bimas Islam.” Pentingnya Moderasi Beragama - Kemenag. https://www.kemenag.go.id/read/pentingnya-moderasi-beragama-dolej., n.d.

———. Moderasi Beragama. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat, 2019.

M. Quraish Shihab. Wasathiyyah: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Cet. 1. Tangerang Selatan: Lentera Hati, 2019.

Moh. Khoeron. “Ini Tiga Kecenderungan Penyebab Pentingnya Moderasi Beragama.” Kementerian Agama, 2021. https://kemenag.go.id/read/ini-tiga-kecenderungan-penyebab-pentingnya-moderasi-beragama-dlyzq-dlyzq di akses pada tanggal 26 Mei 2022.

Muchlis M. Hanafi, dkk. Tafsir Tematik Moderasi BEragama. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2022.

Mudofir Abdullah. Argumen Pengarusutamaan Budaya Dan Kearifan Lokal (Lokal Wisdom) Dalam Proyek Moderasi Beragama Di Indonesia”, Ahmala Arifin (Ed.) Dalam Moderasi Beragama Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: LKiS, 2019.

Muhammad Nur Rofik, and M. Misbah. “Implementasi Program Moderasi Beragama Yang Dicanangkan Oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Di Lingkungan Sekolah.” Lectura : Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31849/lectura.v12i2.7611.

Murtadlo, Muhamad. “Menakar Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi.” Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Mustaqim Hasan. “PRINSIP MODERASI BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 2 (2019).

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019). https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102.

Palembang, UIN Raden Fatah. “Rektor UIN Raden Fatah Palembang Pantau Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Indeks Profesionalisme Dan Moderasi Beragama,” 2022. https://radenfatah.ac.id/index.php/front/berita_detail/2644/Rektor UIN Raden Fatah Palembang Pantau Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama.

Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, and Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019). https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Tim Penyusun Kemenag RI. Buku Saku Tanya Jawab Moderasi Beragama. Kementerian Agama RI, 2019.

Zulkifli. Religiusitas, Moderasi Dan Toleransi Beragama Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jakarta: Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v48i1.27625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats