Anxiety in Hadith Perspective: A Study of Ihya’ Al-Sunnah Management
Abstract
The Nabi has paid great attention to the psychological state of his people and one of them is anxiety. Anxiety is a normal condition but if it occurs intensely and is not handled, it will have implications for a person's psychological and social life. Humans are fragile and weak creatures, so the apostle shared how to overcome anxiety through spiritual psychotherapy in the form of prayer. The purpose of the study is to explore the meaning of the hadith about anxiety. The type of research used is qualitative using the maudu'iy method. This research is based on the management of ihya' al-hadis which is based on the steps; a) input of hadith data c) output; and d) outcome. This study concludes that the textual interpretation of anxiety is interpreted as al-hamm which means anxiety, worry, unrest, and restlessness which always goes hand in hand with the word al-hazn (sadness). As for the intertextual hadith, anxiety is a feeling of being hit by worry, anxiety, and anxiety manifested from various mixed emotional processes that occur when a person is depressed and experiencing conflict or something that is not right. The contextual meaning; prayer for protection from Allah can be done in everyday life or when struck by anxiety. The output of this hadith is seen from the substantive (maqasid al-hadis) can be hajiyyah and even daruriyyah which is formally (al-sunnah al-nabawiyyah) in the form of qawliyyah. The outcome of this hadith is syumuliyyah and mahalliyah which can be applied by each person proportionally and even optimally.
Abstrak: Rasulullah Saw., telah menaruh perhatian yang besar terhadap keadaan psikologis umatnya and salah satunya adalah anxiety atau kecemasan. Anxiety merupakan keadaan yang normal namun jika terjadi secara intens and tidak tertangani maka akan berimplikasi pada psikis seseorang and kehidupan sosialnya. Manusia adalah makhluk yang rentan rapuh and lemah, maka rasul sharing cara mengatasi anxiety melalui psikoterapi spiritual berupa doa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali kandungan makna hadis tentang anxiety. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode maudu’iy (tematik). Penelitian ini didasarkan pada cara kerja manajemen ihya’ al-hadis yang berdasarkan pada langkah; a) input data hadis; b) proses interpretasi; c) output; and d) outcome. Penelitian ini berkesimpulan bahwa interpretasi secara tekstual anxiety dimaknai al-hamm yang beriringan dengan kata al-hazn (kesedihan). Secara intertekstual hadis anxiety merupakan perasaan dilanda kekhawatiran, kegelisahan, and kecemasan yang termanifestasikan dari berbagai proses emosi yang bercampur baur yang terjadi ketika seseorang seandg tertekan and alami pertentangan atau sesuatu yang tidak disenangi. Sedangkan makna kontekstual; doa permohonan perlindungan pada Allah dapat dilakukan dalam keseharian atau pada saat dilanda anxiety. Output hadis ini dilihat dari subtantif (maqasid al-hadis) dapat bersifat hajiyyah bahkan daruriyyah yang secara formatif (al-sunnah al-nabawiyyah) berbentuk qawliyyah. Outcome hadis ini bersifat syumuliyyah and mahalliyah yang dapat diterapkan oleh setiap personal secara proposional bahkan optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-‘Aba>di>, Abu> al-T{ayyi>b Muh}ammad Syams al-H{aq al-‘Az}i>. ‘Aun al-Ma’bu>d Syarah} Sunan Abi> Da>wd, juz. 4, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Cet. II; Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1415.
Abu> ‘Abdilla>h Ah}mad bin Muh}ammad bin H{anbal bin Hila>l bin Asad al-Syaiba>ni>, Musnad al-Ima>m. Cet. I; t.t.: Muassasah al-Risa>lah, 2001; dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Syu‘aib al-Arnauth menyatakan bahwa hadis ini sahih dan sanad-nya jayyid (baik), dalam Aplikasi HadisSoft, hadis no. 12826.
Abu> al-H{usain, Ah}mad bin Fa>ris bin Zakariya>’ al-Qizwaini> al-Ra>zi>. Mu’jam Maqa>yis al-Lugah Juz. 6, Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. t.t.: Da>r al-Fikr, 1979.
Ahmad, Arifuddin. Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Muhammad Syuhudi Ismail. Cet. I; Jakarta: Renaisan, 2005.
______, Amrullah Harun, dan Akbar. Manajemen Ihya’ al-Sunnah. Cet. I; Depok: Rajawali Pers, 2023.
Ali, Atabik dan A. Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1996.
Annisa, Dona Fitri dan Ifdil. “Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia)“, Konselor Vol. 5, No. 2 (2016): H. 93-99.
Al-‘Asqala>ni> al-Sya>fi’i>, Ah}mad bin ‘Ali> bin H{ajar Abu> al-Fad}l. Fath} al-Ba>ri> Syarah S{ah}i>h} al-Bukha>ry>. Juz. 9, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 1379.
Al-Bukha>ri> al-Ju’fi>. Muh}ammad bin Isma>’i>l Abu> ‘Abdilla>h. al-Ja>mi’ al-Musnad al-S{ah}i>h} al-Mukhtas}ar min Umu>r Rasu>lilla>h Saw wa Sunanih wa Ayya>mih aw Sahih al-Bukhari, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Cet. I; Da>r T{u>q al-Naja>h, 1422 H.
Departmen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Echols, John M dan Hassan Shadily. Kamus Indonesia Inggris. Jakarta: PT Gramedia, 1992.
Ermawati. “Paradigma Pemahaman hadis: Studi Pemahaman Hadis Berdasarkan Bentuk Matan.” Rausyan Fikr 17, no. 1 (2021), 119-143.
Al-Gauri>, Sayyid ‘Abd al-Ma>jid. Mu‘jam Alfa>z al-Jarh} wa al-Ta‘di>l. Cet. I; Bairut: Da>r Ibn Kasi>r, 2007. Dikutip dalam Muhammad Ismail, “S|i>gat al-Jarh} wa al-ta’di>l Para Kritikus Hadis Abad Ketiga Hijriah: Studi Aplikasi dalam Penelitian Kualitas Hadis”. Tesis. Makassar: PPs UIN Alauddin Makassar, 2016.
H{anbal, Ah}mad bin. Musnad al-Ima>m Ah}mad bin H{anbal. Juz. 19, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Cet. I; t.t.: Muassasah al-Risalah, 2001.
Ilyas, Abustani dan La Ode Ismail Ahmad. Studi Hadis: Ontologis, Epitemologis, dan Aksiologis. Cet. I; Depok: Rajawali Pers, 2019.
Al-Jurja>ni>, Yah}ya> bin al-H{usain bin Isma>’i>l bin Zaid al-Ha}sani> al-Syajari>. Al-Mu’jam al-Kabi>r al-Kita>b: Tarti>b al-Ama>li> al-Khamsiayah li al-Syari>, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Cet. I; Beiru>t: Da>r al-Kutu>b al-‘Ilmiyah, 2001.
Kumbara, Hengki, Yogi Metra, dan Zulpikar Ilham. “Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017”. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 17, No. 2 (2018): h. 28-35.
Luthfiana, Nur Umi dan Nur Huda. “Analisis Makna Khauf dalam Al-Qur’an: Pendekatan Semantik Toshihiko Izutsu”. Al-Itqan 3, no. 2 (2017): 95-118.
Al-Mizzi>, Jama>l al-Di>n bin Abi> al-H{ajja>j Yu>suf. Tahzi>b al-Kama>l fi> Asma>’ al-Rija>l Juz. 12. Cet. I; t.t.: Muassasah al-Risa>lah, 1992.
Al-Nasa>’y>, Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n Ah}mad bin Syu‘aib bin ‘Ali> al-Khurasa>ni>. Juz. 8, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Cet. II; H{alb: Maktabah al-Mat}bu>’a>t al-Isla>miyah, 1986.
Al-Naisa>bu>ry, Muslim bin al-H{ajja>j abu al-H{asan al-Qusyairy. Al-Musnad al-S{ah}i>h} bi Naql al-‘Adl ‘an al-‘Adl ila Rasu>lilla>h. Juz. 4, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Beirut: Da>r Ih}ya>’ al-Tura>s al-‘Araby.
Niko, Puti Febrina. “Pengaruh Terapi Dzikir untuk Menurunkan Kecemasan pada Ibu Hamil”. Jurnal Islamika Vol. 1, No. 1 (2018): h. 24-33.
Rahmy, Hafifatul Auliya dan Muslimahayati. “Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam”. Jo-Dest: Journal of Demography, Etnography, and Social Transformation Vol. 1, No. 1 (2021): h. 35-44.
Al-Sijista>ni>, Abu> Da>wd Sulaima>n bin al-Asy’as bin Ish}a>q bin Basyi>r bin Syadda>d bin ‘Amru> al-Azdi>. Sunan Abi> Da>ud, Juz 2. Beirut: al-Maktabah al-‘As}riyah, t.th., dalam Program al-Maktabah al-Sya>milah.
______, Sunan Abi> Da>wd, dalam aplikasi HadisSoft.
Al-Sya>fi’i>, Abi> al-Fad}l Ah}mad bi ‘Ali> bin H{ajar Syiha>b al-Di>n al-‘Asqala>ni>. Tahzi>b al-Tahzi>b. Juz 3. t.t.: Muassasah al-Risa>lah, t.th.
Sen, Denis Ecem. “The Rise of Anxiety Disorder::Islamic Understanding of Anxiety and Mulim Scholar’s Suggestions to Cope with Distress and Achieve Happiness”. International Journal of Depretion and Anxiety 4, no. 1 (2021): 1-5.
Sulaima>n bin Ah}mad Ayyu>b bin Mut}i>r al-Lakhami> al-Sya>mi>, Abu al-Qa>sim al-T{abra>ni>. Al-Mu’jam al-Kabi>r. Cet. II: al-Qa>hirah: Maktabah Ibn Taimiyah, 1994.
Al-Turmuzy>, Muh}ammad bin ‘I bin Saurah bin Mu>sa> bin al-D{ah}h}a>k. Al-Ja>mi’ al-Kabi>r-Sunan al-Turmuzy>. Juz. 5, dalam Aplikasi al-Maktabah al-Sya>milah. Beirut: Da>r al-Garb al-Isla>my>, 1998.
Zaini, Ahmad. “Shalat sebagai Terapi bagi Pengidap Gangguan Kecemasan dalam Perspektif Psikoterapi Islam”. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6, no. 2 (2015), 319-334.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v47i1.26154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board :
LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index
An-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats