Pemikiran Ibn Āsyūr Tentang Qawai’d Al-Maqāṣid Al-Lughawiyah Serta Implikasinya Dalam Menafsirkan Al-Qur’an

Fatmah Taufik Hidayat

Abstract


Artikel ini membahas tentang pemikiran Ibn ‘Asyur tentang al-Qawaid al-Maqasidi al-Lughawiyah serta impilkasinya dalam menafsirkan Al-Qur’an. Tafsir maqasidi sebagai salah satu corak tafsir yang berupaya mengungkap makna-makna Al-Qur’an dengan nuansa maqasid syariah. Penelitian ini terfokus pada ragam maqasid yang membahas tentang al qawaid al-lughwiyah almaqasidi dalam menafsirkan Al-Qur'a. Rumusan masalah dari artikel ini adalah bagaimana struktur dasar Maqāsid Muhammad aṭ-Ṭāhir Bin Āsyūr dalam tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir, dan bagaimana implikasi bahasa Al-Qur’an dalam memahami dan menafsirkan Al-Qur’an sesuai Maqāsid terutama dalam merespon isu-isu kontemporer. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi qawaid almaqasid yang telah diterapkan Ibn. Āsyūr dalam tafsirnya, dan menguraikan implikasi teoretis yang berkaitan dengan qawaid al maqāsid fi nash Al-Qur’an dalam penafsiran ayat dan surat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah studi kepustakaan deskriptif (library research) berdasarkan pada beberapa buku dan jurnal yang mengkaji tentang tafsir maqasidi Ibn Asyur dengan melakukan istiqra' (induksi) Qaidah al-Lughawiya lilmaqasid dalam tafsir tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah dan cara Ibn Asyur menginterpretasi maqashidi dalam ayat Al-Quran, dengan cara menyesuaikan kepada nash al-Quran dari segi aspek bahasa, bahwa al Qawaid al lughawiyah al maqasidiyah sebagai sebuah metode, tafsir maqasidi, mengharuskan adanya rekonstruksi penafsiran Al-Qur’an yang berbasis kepada Nash alqur’an.  Berkaitan dengan qawaid ushuliyah shari‘ah sebagai alat analisis dalam suatu prosedur yang digunakan untuk memahami Al-Qur’an, sehingga menghasilkan produk yang menitik-beratkan kajiannya pada nilai-nilai maqāsid ayat yang ditafsirkannya.

Keywords


, Qawaid Lughawiyah, Ibn. Āsyūr

Full Text:

PDF

References


Abu Zayd, Wasfi Asyur. Metode Tafsir Maqasidi Memahami Pendekatan Baru Penafsiran Al-Qur’an. Jakarta: PT Qaf Media Kreativa, 2020.

Al-Syâthibiy, Abu Ishak. Al-Muwâfaqât Fî Ushûl Al-Syari’ah, Beirut: Dar Al-. Kutub Ilmiyah. 2003, Hal.1/41, n.d.

Arifin, Johar, Ilyas Husti, Khairunnas Jamal, and Afriadi Putra. “Maqâṣid Al-Qur’ân In The Interpretation of M. Quraish Shihab About The Verse of Social Media Usage.” Jurnal Ushuluddin 28, no. 1 (June 29, 2020): 44. https://doi.org/10.24014/jush.v28i1.7293.

Arni, Jani. “Tafsir al-Tahrir wa al Tanwir Karya Muhammad Al-Thahrir ibn Asyur,” no. 1 (2011): 18.

Ar-Raysūniy, Aḥmad. Madkhal Ilā Maqāṣid Asy-Syarī’ah. Kairo: Dār al-Kalimah, 2009.

Aziz, Muhammad. “Reconstruction of Maqashid Shari’ah Perspective Muhammad Thahir Ibn ’Assyria: Efforts to Re-Discuss Sharia with Reality” 17, no. 2 (2019): 19.

‘Azmy, Khalilah Nur. “Maqashid Al-Qur’an: Perspektif Ulama Klasik Dan Modern.” Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 1, no. 1 (October 13, 2019): 8. https://doi.org/10.18592/msr.v1i1.3267.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir (Fi al-’Aqidah, Syari’ah, Manhaj). Terj. Abdul Hayyie al-Kattani,. Jakarta: Gema Insani., 2016.

Bin Āsyūr, Muhammad aṭ-Ṭāhir. Tafsir Al-Tahrir Wa al-Tanwir, Tunisia: Dar Shuhnun Li al-Nasyr Wa al-Tauzi’, 1997, Juz 1, h. 5-6, 1997.

Ibn Abdu Salam, Izu Al-Din Abdul Al-Aziz. Qawaid Al-Ahkam Fi Masalih al-Anam. Jilid 1, n.d.

Ibn Asyur, Muhammad Al-Tahir. Maqasid Al-Syari’ah Al-Islamiyah. T.Tmp: Al-Basyair Li Al-Intaj Al-‘Ilmi, 1998.

Ma’lamah Zaid Lil Qawaid Al-Fiqhiyah Wal Ushuliyah. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan Charitable and Humanitarian, 2013.

Mufid, Abdul. “Perespektif Muhammad AL-Ghazali,” 2019, 15.

Ridlwan Jamal & Abduh Nisywan. Al-Jadhur Al-Tarikhiyah Li-Tafsir Al-Maqasidi LilQur’an Al-Karim”, 2011.

Tijani, Ali Bishir al-Kafi al-. “Maqasid al-Quran al-Karim wa silatuha bi al-Tadabur .,” 2013. https://cdn.quranpedia.net/attachments/documents/BOOK_26365_1.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v45i1.19275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats