Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren; Analisis Metode Tahfiz di Pondok Pesantren Al-Mubarak Al-Islami li Tahfiz Al-Qur’an Al-Karim

Sajida Putri

Abstract


Artikel ini membahas tentang pelaksanaan dan metode tahfiz Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Mubarak kelurahan Tahtul Yaman-Pelayangan Jambi. Pesantren Salafi ini mempunyai metode tersendiri yang menjadikannya unggul dibandingkan pesantren tahfiz lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pertanyaan yang hendak dijawab pada penelitian ini adalah, bagaimana proses pelaksanaan tahfiz dan apa metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an? Berdasarkan hasil penelitian diketahui pelaksanaan tahfiz di Pondok Pesantren Al-Mubarak melalui tiga tahap; pra tahfiz, inti tahfiz dan evaluasi tahfiz. Metode yang diterapkan di Pondok Pesantren ini terdiri dari metode bi an-nazhor, metode bi an-nafsih, metode wahdah, metode takrir dan metode talaqqi. Metode bi an-nazhor adalah membaca dengan cermat ayat-ayat Al-Qur’an yang akan dihafal dengan melihat mushaf Al-Qur’an secara berulang-ulang; metode bi an-nafsih adalah menghafalkan sedikit demi sedikit ayat Al-Qur’an yang telah dibaca berulang-ulang dengan menggunakan  cara bi an-nazhar; metode wahdah adalah mulai menghafal dengan  membaca ayat yang akan dihafalkan paling kurang 5 kali, 10 kali bahkan 20 kali dengan melihat mushaf terlebih dahulu dengan memperhatikan secara teliti hukum tajwid yang terkandung di dalam ayat yang hendak dihafalkan tersebut; metode talaqqi adalah menyetorkan atau memperdengarkan hafalan yang baru saja dihafal kepada seorang guru atau instruktur yang sudah hafal Al-Qur’an dan metode takrir yaitu mengulang hafalan atau mendengarkan hafalan yang pemah dihafal bersama santri lainnya atau menghafal dengan pembimbing.

Keywords


Tahfiz; Pesantren; Metode Tahfiz

Full Text:

PDF

References


Abidin S, Zainal. Seluk-Beluk Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta. 1992

Al-Hafidz, Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara. 1994

Branen, Julia. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Faruq, Abu Bakar Umarul. Jurus Dahsyat Mudah Menghafal Al-Qur’an untuk Anak. Surakarta: Ziyad, 2016

Koentjaraningrat, Metode-metode Penulisan Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1989

Lisya, Chairani dan M.A Subandi, Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an: Peranan Regulasi Diri, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010

Lutfy, Ahmad, Metode Tahfidz Al-Qur'an, Jurnal Holistik Vol. 14 No. 2 Tahun 2013. DOI : 10.24235/holistik.v14i2.444

Putra, Sitiatava Rizema, Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja, Yogyakarta: Diva Press, 2013

Muniroh, Eka dan SyamsuHadi J, Ma’had Al-Mubarak al-Islami li Tahfizil Qur’an al-Karim Tahtul Yaman; Studi Sejarah dan Konstribusi Para Penghafal Al-Qur’an di Provinsi Jambi Tahun 2005 – 2018

Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya, 2010

Qardhawi Yusuf, Kaifa Nata’amalu Ma’al Qur’an (Berinteraksi dengan Al-Qur’an) terj. Abdul Hayy al-Kattani. Jakarta: Gema Insani Pres, 1994

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UM PRESS, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v45i2.16555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats