Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi : Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa

Liliza Agustin, Sutardjo A.W Sutardjo A.W, Makmuroh Sri Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya self-direction in learning pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan self-direction in learning siswa. Studi yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan metode. Hal ini karena intervensi yang menggunakan konseling kelompok teknik self-management dengan memadukan tazkiyatun nafsi masih belum ada maka peneliti baru akan mencoba membuat rancangan modul. Untuk itu langkah yang akan dilakukan adalah: (1) Membuat rancangan modul (2) Uji coba rancangan modul untuk melihat efektifitas (3) Evaluasi rancangan modul. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) Memperoleh modul konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi untuk meningkatkan self-direction in learning siswa. (2) Dari hasil uji coba Modul menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi efektif untuk meningkatkan self-direction in learning siswa. Adanya peningkatan skor sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi pada ke 5 subjek uji coba. Adanya peningkatan semua aspek self-direction in learning, yaitu insiatif sendiri, self planned, kebutuhan belajar, self conducted, dan evaluasi. (3) Evaluasi modul yang diperoleh dari feedback subjek uji coba menunjukkan penilaian positif terhadap pemberian metode, materi dan material.

Kata kunci: self-direction in learning, konseling kelompok berbasis teknik self-
management tazkiyatun nafsi,


Full Text:

PDF

References


Al Ghazali, Imam. (1999). Ihya’ Ulumuddin:

Semarang: CV As Syifa.

American Psychological Association (APA).

(1999). Standards for Educational

and Psychological Testing.

Washington, D.C.: American

Educational Research Association

Azwar, S. (2004). Validitas dan Reliabilitas.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Brockett, R G, Hiemstra, R (1991) Self-

direction in Learning: Perspectives in

Theory, Research, and Practice.

Routledge, London, UK

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek

Konseling dan Psikoterapi. Bandung:

Refika Aditama.

Darmayanti, T. (1993). Readiness for self-

directed learning and achievement of

the students. Unpublished master’s

thesis. University of Victoria, BC

Darmayanti, T. (2001). Self-directed learning

readiness scale: Adapatasi instrument

penelitian belajar mandiri. Jurnal

Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2

(2), hal. 126-136.

Ghazali, M. Bahri. (2001). Konsep Ilmu

Menurut Al Ghazali suatu tinjauan

Psikologi Pedagogik: Jakarta:

Pedoman Ilmu Jaya

Gibbons, Meurice. (2002). The Self-directed

Learning Handbook. Vancouver: Wiley

Guglielmino, L M (1977) Development of the

self-directed learning readiness scale

(Doctoral dissertation,University of

Georgia). Dissertation Abstracts

International 1978 38: 6467A

Guglielmino. L.M & Guglielmino, P.1. (1991).

The learning preference assessment.

Don mills, Ontario: Organization

Design and Development inc.

Guglielmino, L.M. & P.J. Guglielmino. (2006).

Taufiq, Muhammad Izzuddin. (2006).

Psikologi Islam: Jakarta: Gema Insani.

Taimiyah, Ibnu. (2013). Tazkiyatun Nafs:

Jakarta: Darus Sunnah.

Yallom, LD. (1985), The Theory and Practice

of Group Psychoterapy Fifth Edition.

New York: Basic Book.

Wahyuningsih, Diana Dewi. (2014).

Efektivitas Teknik Self Management

Untuk Meningkatkan kemandirian

Belajar Siswa SMP. Tesis. Program

Studi Bimbingan dan Konseling.

Pascasarjana Universitas Negeri

Malang.

Zahidah, Isna. (2015). Pengaruh Layanan

Konseling Kelompok Dengan Teknik

Self-Management Terhadap

Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI

IPS SMA N 1 Karangreja Kabupaten

Purbalingga Tahun. Skripsi. Program

Studi Bimbingan dan Konseling.

Fakultas Ilmu Pendidikan: Semarang:

UNIVERSITAS PGRI Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293 HP. 081378063164

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id/jurnalpsikologi@yahoo.com

Lisensi Creative Commons

Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.