الأصوات العربية وطرق تعليمها للناطقين بغيرها

Agustiar agustiar

Abstract


Manusia berbicara di dunia ini lebih dari 4000 bahasa. Meski bahasa-bahasa ini berbeda satu sama lain namun ia memilik kesamaan secara umum yang disebut sebagai bahasa. Sesungguhnya bahasa-bahasa tersebut memiliki berbagai macam bentuk bunyi ( aswat ). Dengan demikian dapat diprediksi bahwa perbedaan satu bahasa dengan bahasa lainnya terletak pada perbebedaan bunyi bahasa tersebut. Ada bunyi-bunyi huruf bahasa Arab yang tidak terdapat pada sebagian besar bahasa-bahasa lainnya.Misalnya bunyi bahasa : ‘ain ( ع ), qaf ( ق  ), ha ( ح ) dan bunyi huruf lainnya.    

Kemampuan dalam menuturkan bunyi huruf bahasa asing  yang bunyi tersebut tidak ada di dalam bahasa ibunya  ( asalnya ), dianggap sebagai keterampilan bahasa  yang sulit dipelajari oleh siswa non Arab. Banyak sekali problem pengucapan bunyi huruf yang dihadapi oleh siswa non arab ketika mereka membaca atau berbicara dengan bahasa asing tersebut. Misalnya terkadang siswa menuturkan bunyi bahasa Arab seperti bunyi bahasa ibunya tidak seperti ucapan orang Arab. Terkadang mereka sulit membedakan antara bunyi huruf( هـ  ) dan bunyi huruf ( ح  ). Terkadang mereka salam dalam mendengarkan bunyi huruf Arab lalu menuturkan bunyi huruf sesuai dengan pendengarannya sehingga kesalahan Oleh karena itu perlu adanya latihan pengucapan bunyi bahasa yang dilakukan secara intensif.

Bahasa Arab memiliki dua bentuk bunyi huruf :Pertama bunyi huruf konsonan dan bunyi huruf vocal. Hal yang utama yang harus dilakukan oleh seorang guru bahasa Arab sebelum mengajarkan aspek struktur bahasa Arab ( التراكيب  )kepada siswa non Arab adalah memperkenalkan bunyi huruf-huruf Arab terlebih dahulu  -huruf konsonan tersebut dari segi makhrajnya.

Keywords


الأصوات ;الطريقة ;التعليم

Full Text:

Full Paper

References


عبد الفتاح محجوب محمد، إعداد عن تذليل أصوات اللغة العربية التي تشكل صعوبة على الناطقين باللغة الإنجليزية، جامعة أم درمان الإسلامية، السودان، 1983م.

______________، تعليم وتعلم الأصوات العربية الصعبة لغير الناطقين بها، المملكة العربية السعودية، جامعة أم القرى، 1993م 1413هـ.

كمال إبراهيم بدري، الدكتور، علم اللغة المبرمج الأصوات والنظم الصوتي مطبقا على اللغة العربية، عمادة شؤون المكتبات- جامعة الملك سعود، الرياض، د.ت.

محمد علي الخولي، دكتور، أساليب تدريس اللغة العربية، الرياض، المملكة العربية السعودية، 1982 م.

Altman, H.B. &Politzer, R.L., Individualizing Foreign Language Instruction, Rowley Mass New Bury House Publisher, 1971.

Mackey W.F., Language Teaching Analysis, London : Longman, 1974.

Rivers Wilga M, Teaching Language Skill, The University of Chicago, 1972.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



J/E/A/L/T   ISSN 2407-0998 (Print) | ISSN 2407-1005 (Online)

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
JL. KH. Ahmad Dahlan No. 94 Pekanbaru
28128 PO BOX 1004
HP. 0852-4896-2008 Fax. (0761) 858832 Telp 0761-562223

Email : jealt@pusat-bahasa.info

Creative Commons License
Journal of English and Arabic Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jealt.

Flag Counter