Unity Of Ummah Mahmud Yunus's Perspective In Tafsir Al-Qur'an Al-Karim
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Abdul Rahman Shalih. Educational Theory a Quranic Outlook. Makkah Al-Mukarramah: Ummul Qurra’, 1982.
Abdullah, Muhammad. Pembaharuan Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. AL-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam. vol. 5. no. 2 (June 2020).
Akhmadi, Agus. Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan. vol. 13. no. 2 (2019): 11.
Al-Asfahaniy, Raghib. Mu’jam Al-Mufradat Li Alfazh Al-Qur’an. Damaskus: Dar Al-Qalam, 1997.
Al-Farmawi, Abu Hayy. Bidayah Fi Al-Tafsir Al-Maudhu’i. Dirasaj Manhajiyah Maudhu’iyah. Tt: Tp, 1976.
Al-Mubarakafuri, Shafiyurrahman. Sirah Nabawiyah, Terj. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2008.
Al-Rumi, Fahd Ibn Abdurrahma. Buhuts Fi Ushul Al-Tafsir Wa Manahijuhu. Riyadh: Maktabah Al-Taubah, tt.
Al-Sijistani, Abu Daud Sulaiman. Sunan Abi Daud. Beirut: Dar Al-Risalah Al-Alamiyah, 2009.
Al-Tirmidzi, Muhammad bin ’Isa. Sunan Al-Timidzi. Beirut: Dar Al-Gharb Al-Islamiy, 1996.
Al-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir, Terj. Vol. 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.
Audah, Ali. Konkordansi Al-Qur’an; Panduan Kata Dalam Mencari Ayat Qur’an. Jakarta: Litera Antarnusa, 1997.
Baidan, Nashiruddin. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Baidan, Nashiruddin, dan Erwati Aziz. Perkembangan Tafsir Al-Qur’an Di Asia Tenggara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Direktorat PENMAD. Wawasan Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI, 2010.
Fata, Ahmad Khoirul, dan M. Ainun Najib. Kontektualisasi Pemikiran KH. Hayim Asy’ari Tentang Persatuan Umat Islam. 2 38 (2014).
Federspiel, Howard M. Populer Indonesian Literature of the Qur’an. Bandung: MIzan, 1996.
Firdaus. Sifat-Sifat Guru Dalam Pandangan Mhamud Yunus; (Tinjauan Psikologis-Pedagogis). Pekanbaru: Pasca Sarjana UIN SUSKA Riau, 2011.
Gani, A. Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. vol. 6 (November 2015).
Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia; Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LKIS, 2013.
Hidayat, Taufik. Membangun Model Persatuan Ummat Melalui Perspektif Ilmu Komunikasi Dakwah. Jurnal Dakwah. vol. 1. no. 1 (2018).
Ibrahim, Sulaiman. Karakteristik Tafsir Al-Qur’an Al-Karim Karya Mahmud Yunus. Jurnal Al-Ulum. vol. 11. no. 2 (Desember 2011): 24.
———. Pendidikan Dan Tafsir; Kiprah Mahmud Yunus Dalam Pembaruan Islam. Jakarta: LEKAS, 2011.
Jamal, Khairunnas. Wawasan Keindonesiaan Dalam Tafsir Al Qur’an Al Karim Karya Mahmud Yunus. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman. vol. 16, no. 1 (September 15, 2017).
Kamal, Taufik Adnan. Rekonstrusksi Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: Yayasan Abad Demokrasi, 2011.
Katsir, Abu Al-Fida Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir, Terj. Jakarta: Pustaka Imam Al-Syafi’i, 2015.
Latif, M. Sanusi. Riwayat Hidup Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. Sumatera Barat: Islamic Center Sumatera Barat, 1981.
Manti, Biltiser Bachtiar, Adian Husaini, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.Ta'dibuna: International Journal of Islamic Education. vol. 5. no. 2 (Oktober 2016).
Mujahidin, Anwar. Hubungan Kebudayaan Tafsir Indonesia. 3, no. 1 (2017): 28.
Mulia, Muji. Teori ‘Asabiyyah Ibn Khaldun dalam Perspektif Hukum Islam. SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam 3, no. 2 (November 20, 2019).
Nizar, Samsul. Hakekat Manusia Dalam Perpektif Pendidikan Islam. Pekanbaru: UIN SUSKA Press, 2009.
Nurdin, Ali. Wawasan Al-Qur’an Tentang Kebhinekaan Dan Persatuan. Al-Burhan. vol. 16 No. 2 (2016).
Nurza, Ashfira, Munawar Rahmat, dan Fahrudin. Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI Di Sekolah. Tarbawy: Indoensian Journal of Islamic Education. vol. 5. no. 2 (2018).
Pusat Bahasa, Tim. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: DEPDIKBUD, 2008.
Rahmi, Yulia. Konstruksi Manhaj Akademisi terhadap Kitab Tafsir Al-Fatihah Karya Mahmud Yunus. Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies vol. 4, no. 2 (December 30, 2020).
Rina, Malta. Pemikiran Dan Karya-Karya Prof. Dr. Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam. Padang: Ilmu Sejarah Pasca Sarjana UNAND, 2011.
Rouf, Abdul. Mozaik Tafsir Indonesia. Depok: Sahifa Publishing, 2020.
Safiq, Abdulloh, dan Umi Salamah. Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyah Wa At-Ta’lim Dengan Kompetensi Guru (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. 2, no. 3 (Oktober 2019).
Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati, 2013.
———. Yang Hilang Dari Kita; Akhlak. Ciputat: Lentera Hati, 2016.
Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Rajawali Press, 2014.
Syahrial, Syarbaini. Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2010.
TIM FKI RADEN. Al-Qur’an Kita; Studi Ilmu, Sejarah Dan Tafsir Kalamullah. Lirboyo: Lirboyo Press, 2011.
Tim Penyusun. Al-Mahfuzhat Li Sanah Al-Ula. Tt: Maktabah Al-’Ilm, Tt.
Ukhra, Siti Nazlatul. Konsep Persatuan Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Pancasila Sila Ketiga. Journal of Qur’anic Studies 6, no. 1 (2021): 15.
Yunus, Mahmud. Riwayat Hidup Prof. Dr. Mahmud Yunus. Jakarta: Hidakarya Agung, 1982.
———. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Jakarta: Hidakarya Agung, 2004.
———. Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: PT AL-Ma’arif, 1975.
Zulyadain, Zulyadain. Kerangka Paradigmatik Tafsir Alqur’an Alkarim Karya Mahmud Yunus. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat. vol. 15, no. 1 (June 30, 2018).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v29i2.13113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ushuluddin Indexed By:
Alamat Redaksi:
Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru
E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id
ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.