Pengembangan Kegiatan Literasi di Perguruan Tinggi Diniyyah Puteri Padang Panjang
Abstract
Perkembangan informasi yang cepat menutut keahlian literasi. Kemampuan literasi merupakan salah satu keahlian yang penting untuk saat ini. Perguruan Diniyyah Puteri merupakan salah satu Pondok Pesantren yang menjadikan literasi menjadi kegiatan ekskul untuk para santri. Santri yang mengikuti kegiatan literasi telah banyak memiliki prestasi mulai dari tingkat Daerah hingga Nasional. Bagaimana bentuk kegiatan literasi di Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Puteri sehingga menghasilkan santri yang mempunyai prestasi di bidang tulisan baik karya tulis ilmiah maupun non ilmiah. Jenis penelitian ini adaah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yakni data reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa kegiatan literasi di perguruan Diniyyah Puteri di kelola oleh lembaaga divisi otonom yang ada di Perguruan Diniyyah Puteri yang bernama Diniyyah Literasi Centre (DLC). Kegiatan yang diberikan kepada para santri berupa membiasakan santri untuk membaca, kemudian menuliskan kembali hasil bacaan, setelah itu meminta santri untuk menulis dan dibuat target waktu pengumpulan tulisan yang sudah dibuat.
Kata Kunci: Pengembangan, Kegiatan Literasi
Full Text:
PDFReferences
Abdul Fatah Nasution. (2023). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif (M. Dr. Hj. Meyniar Albina (ed.); 1st ed.). Harva Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku metode penelitian kualitatif.Abdul Fattah.pdf
Baharun, H., & Rizqiyah, L. (2020). Melejitkan Ghiroh Belajar Santri Melalui Budaya Literasi di Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 108. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3048
Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. http://103.98.176.9/index.php/sasindo/article/view/2076/1652
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Desain Induk Literasi Sekolah. Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(1689–1699), 9.
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Gerakan Literasi Pondok Berbasis Pondok Pesantren Di Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Pondok Pesantren Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SINAPMAS), September. http://conference.um.ac.id/index.php/sinapmas/article/view/3237
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Maskur, A. (2019). Penguatan Budaya Literasi di Pesantren. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.21
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200
Syahlan, T., Imran, A., Zulfa, L. N., & Shobirin, M. (2019). Pendampingan Santri untuk Membangun Tradisi Literasi Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Mranggen Demak. Dimas, 19(1), 49–60.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.29242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.