Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membangun Sikap Kesalehan Sosial Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anhar, Harizal. Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 13, No. 1, Agustus 2013.
Bali, Muhammad Mushfi El Iq dan Chairunniza. Interaksi Edukatif Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka dalam Menghadapi Society Era. Jurnal Managere: Indonesian Journal of Educational Management. Vol. 2, No. 1, 2020.
Djamarah, Bahri. Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2015
Fahlevi, Fahdi. JPPI: Tahun 2019 Masih Banyak Kasus Penyebaran Radikalisme di Sekolah. https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/30/jppi-tahun-2019-masih-banyak-kasus-penyebaran-radikalisme-di-sekolah. diakses pada tanggal 23 November 2020
Fahmi, Muh. Nahdi dan Sofyan Susanto, Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: Pedagogia, Vol. 7, No. 2. Tahun 2018
Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhab. Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodelogi Pengajaran Cara Rasulullah, Jakarta: Darul Haq, 2011
Hakim, Lutfi. Pola Interaksi Edukatif Pelajar dan Mahasiswa Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah dan Ali Maksum Yogyakarta. Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.
Hamimah. Budaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Kesalehan Sosial Siswa (Studi Multi Kasus di MTs (Darussalam Ketapang Sampang dan MTs Al-Falah Al Islami Jengrik Sampang Madura), Tesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. 2019
Hamruni. Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset. 2008
Harun, Cut Zahri. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Vo. III, No. 3. Oktober 2013
KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/. diakses Pada Tanggal 4 April 2021
Licona, Thomas. Educating For Character, Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. 2013
Manan, Syaepul. Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Pembiasaan dan Keteladanan, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Ta’lim. Vol. 15, No. 1, 2017
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004
Nofiaturrahmah, Fifi. Metode Pendidikan Karakter di Pesantren, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. XI, No. 2. Desember 2014
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada. 2000
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. Ke-24. Bandung: Alfabeta, 2016
Taubah, Mafatihatut. Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.3, No. 1, Mei 2015
Tim KPAI. Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal Tahun 2020. https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying. diakses pada tanggal 10 Desember 2020
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pasal 1 Ayat (1). (2005)
Wahid, A.H, dkk. Pengembangan Karakter Guru dalam Menghadapi Demoralisasi Siswa Perspektif Dramaturgi, Jurnal Mudarissuna, Vol. 8, No. 1. 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i1.14942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.