Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Badaruddin, B., Anggo, M., & Makkulau, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33772/jpbm.v4i2.8127
Handayani, N. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Dengan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. 8.
Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.
Kunandar. (2010). Guru Profesional. Rajawali Pers.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1), Article 1. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/120
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mardiati, M., & Rani, F. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.209
Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Open-Ended dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no1.2018pp81-92
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: An Overview. National Council of Teachers of Mathematics.
Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), Article 2. http://e-repository.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2815
Pradja, N. S., & Nurmilati, I. I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 60–69. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2018
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran—Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 57–77. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77
Rahmadani, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 75–83. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.797
Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.251
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836
Surata, I. G., Agung, A. A. G., & Sudarma, K. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Stad Berorientasi Open-Ended Problem terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.688
Ulya, L. F., Irawati, R., & Maulana. (2014). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2940/1966
Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Kontruktivisme. Alfabeta.
Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Smp N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.242
Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11–18. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: