https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/issue/feedJuring (Journal for Research in Mathematics Learning)2024-01-17T20:09:51+07:00Hayatun Nufusjuring@uin-suska.ac.idOpen Journal Systems<p>Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) (pISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1527477625" target="_blank">2621-7430</a> | eISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1527477265" target="_blank">2621-7422</a>) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every three months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.</p><p>This journal has been <strong>accredited</strong> by <strong>National Journal Accreditation (ARJUNA) Managed by Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia</strong> with Fourth Grade <strong>(<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/6278" target="_blank">Sinta 4</a>)</strong> since Volume 1 Edition 3 year 2018 to 2022 according to the <strong>decree <a href="https://drive.google.com/file/d/1AAHBeYyUlQqdsS5f4ETosNLl6eax2xr6/view?usp=share_link">36/E/KPT/2019, tanggal 13 Desember 2019</a>.</strong></p>https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/25125Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi2023-12-30T14:20:17+07:00Yulia Febrianigrils210299@gmail.comHaida Fitrihaidanabibi@gmail.comRusdi Rusdirusdichatib@yahoo.comTasnim Rahmattasnim.rahmat86@gmail.com<p class="5Abstrak-Abstract">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi pada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitisn ini adalah penelitian <em>Korelasional</em> dan penelitian <em>Ex-post Facto</em>. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% siswa dari 171 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket kejenuhan belajar dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujiaan persyaratan korelasi, pengujian hipotesis yang terdiri dari koefisien korelasi, persamaan regresi, koefisien determinasi dan kebermaknaan koefisien korelasi. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis korelasi yang diperoleh dari perhitungan <em>product moment</em> yaitu -0.526, dapat disimpulkan adanya korelasi negatif antara variabel kejenuhan belajar dengan hasil belajar. Melalui persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 115.923-0.33358X, koefisien regresi variabel kejenuhan belajar siswa (X) sebesar -0.3358 yang artinya jika kejenuhan belajar siswa meningkat sebesar 1, maka hasil belajar akan mengalami penurunan sebesar -0.3358 dengan sumbangan/determinasi variabel X terhadap variabel Y yaitu 27,67%. Hal ini berarti masih ada 73,33% lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh t<sub>hitung</sub> = -3,960 dan t<sub>tabel</sub> = 1,683. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa –t<sub>hitung</sub> < -t<sub>tabel</sub>. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H<sub>0</sub> diolak dan H<sub>1</sub> diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi.</p><p class="6Katakunci-Keywords"><strong>Kata kunci</strong>: Hasil Belajar; Kejenuhan Belajar dan Matematika</p><p class="5Abstrak-Abstract"> </p>2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Yulia Febriani, Haida Fitri, Rusdi Rusdi, Tasnim Rahmathttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/24710Pendekatan Brain Based Learning Dalam Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis2023-12-30T14:20:17+07:00Vani Rahmayanivani.rahmayani@uin-suska.ac.idSuci Yuniatisuci.yuniati@uin-suska.ac.idAnnisah Kurniatiannisah.kurniati@uin-suska.ac.idDepriwana Rahmidepriwanarahmi@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk membuat Lembar Kerja Siswa matematika dengan pendekatan <em>Brain Based Learning</em> yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika dengan pendekatan <em>Brain Based Learning</em>. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas lembar kerja siswa dengan pendekatan Brain Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,02%) dan sangat praktis untuk kelompok kecil (88,24%) dan untuk kelompok besar (87,20%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh thitung sebesar 4,47 dengan dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata postes 86,93 dan siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata postes 77,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan <em>Brain Based Learning</em> ini telah valid, praktis, efektif dan memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks</p>2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Vani Rahmayani, Suci Yuniati, Annisah Kurniati dan Depriwana Rahmihttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/25813Teknologi Immersive Augmented Reality Memfasilitasi Pembelajaran: Analisis Meta Perbandingan antar Subject Matters2023-12-30T14:20:17+07:00Maximus Tamurmaximustamur@unikastpaulus.ac.idTren<strong> </strong>penggunaan sumber daya pendidikan digital dengan <em>augmented</em> <em>reality</em> sebagai alat didaktik telah memperkaya proses pembelajaran dengan berbagai paket keunggulan. Studi sebelumnya telah mengekplorasi pengaruh agregat dari penggunaan <em>augemented</em> <em>reality</em> dalam pendidikan, namun masih sedikit yang menganalisis <em>subject</em> <em>matters</em> sebagai variabel kategori. Untuk itu penelitian yang menggunakan metode meta-analisis efek acak ini dilakukan untuk menguji efektivitas penerapan teknologi <em>immersive</em> <em>augmented</em> <em>reality</em> pada pembelajaran dengan <em>subject</em> <em>matters</em> sebagai variabel kategori. Tujuan ini dicapai dengan memeriksa 51 perbandingan independen (n = 3,869) yang memenuhi syarat dan diidentifikasi dari basis data <em>online</em>. Hasil analisis yang dibantu oleh software CMA menunjukkan bahwa integrasi teknologi <em>immersive</em> <em>augmented</em> <em>reality</em> dalam pembelajaran dikaitkan dengan pengaruh positif dan sedang ( g = 0,41, p < 0,001) dibandingkan dengan kondisi pembelajaran lainnya. Dampak ini konsisten dan kuat dalam berbagai <em>subject</em> <em>matters</em>. Hasil ini mendukung pengembangan kerangka didaktis untuk implementasi <em>immersive augmented reality</em> di masa depan.2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Maximus Tamurhttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/26335Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMA pada Materi Lingkaran2024-01-17T20:09:51+07:00Farah Hersa Firdausyfarah.hersa.2103116@students.um.ac.idImam Rofikiimam.rofiki.fmipa@um.ac.idSyelvira Nova Zulfaidanysyelvira.nova.2103116@students.um.ac.idRoby Cesar Mauladanaroby.cesar.2103116@students.um.ac.id<p class="5Abstrak-Abstract">Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan oleh kurangnya interaksi di lingkungan belajar, menekankan pentingnya pengelolaan kelas oleh guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pengelolaan kelas guru matematika dengan menerapkan pendekatan <em>discovery learning</em> dan <em>teacher</em><em>-centered learning</em> pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Partisipan penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI-1 dan satu guru matematika SMA Negeri 6 Malang. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan model <em>discovery learning</em> dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (<em>teacher-centered learning</em>) dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan kelas. Hal ini disebabkan karena peran aktif guru dalam menyusun modul pembelajaran, membuat aturan yang tegas, dan mampu menciptakan kondisi pembelajaran kondusif dengan melibatkan siswa dalam diskusi. Penelitian ini menyoroti peran guru dalam menciptakan suasana kelas yang aktif dengan fokus pada <em>mood</em> guru, motivasi siswa, <em>Pedagogical Content Knowledge</em> (PCK), dan <em>Mathematical Content Knowledge</em> (MCK). Meskipun siswa mengalami kesulitan pada materi lingkaran, guru berhasil membimbing dan mendorong interaksi antar siswa. Guru mampu membawa suasana kelas menjadi nyaman sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang berpusat pada guru menekankan peran utama guru dalam menyampaikan materi dan mengarahkan kegiatan pembelajaran, terutama dalam manajemen kelas matematika. Hasil penelitian dapat menjadi rujukan bagi guru matematika kedepannya untuk pembelajaran materi lingkaran yang efektif dengan menggabungkan model <em>discovery</em> <em>learning</em> dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru.</p>2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Imam Rofikihttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/21106Validitas dan Praktikalitas E-Bahan Ajar Berbantuan GeoGebra pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs2023-12-30T14:20:17+07:00Sabrina Nainggolansabrina.nainggolan@student.unri.ac.idSyarifah Nur Siregarsyarifahnur.siregar@lecturer.unri.ac.idElfis Suantoelfis.suanto@lecturer.unri.ac.id<p class="5Abstrak-Abstract">Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menghasilkan e-bahan ajar berbantuan <em>GeoGebra</em> untuk memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis (KPM) yang memenuhi syarat valid dan praktis materi Relasi dan Fungsi kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengembangan 4D (<em>Define, Design, Development, Desseminate</em>). Instrumen pengumpul data pada penelitian terdiri atas lembar validasi dan angket respon peserta didik. E-bahan ajar divalidasi oleh tiga validator dan dilakukan <em>small group</em> (evaluasi kelompok kecil) serta uji coba kelompok besar di SMP Negeri 40 Pekanbaru untuk mengetahui kepraktisan e-bahan ajar. Sesuai hasil analisis data lembar validasi dan angket respon peserta didik didapat persentase 93,75% dengan kategori sangat valid, persentase pada <em>small group</em> 85,82% dan pada uji coba kelompok besar 88,42%. Hasil analisis data menunjukkan bahwasanya e-bahan ajar telah memenuhi syarat valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VIII SMP/MTs</p>2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Sabrina Nainggolan, Syarifah Nur Siregar, Elfis Suantohttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/26452Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Matematika Terintegrasi Islam2023-12-30T14:20:17+07:00Defi Marlinadefi@gmail.comM. Imamuddinm.imamuddin76@yahoo.co.idIsnaniah Isnaniahisna_imam@yahoo.comTasnim Rahmattasnim@gmail.com<span>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal <em>Higher Order Thinking Skills</em> (HOTS) matematika terintegrasi Islam siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek. Subjek diambil berdasarkan rentang nilai kemampuan awal masing-masing subjek merupakan rekomendasi guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS terdapat pada semua subjek penelitian tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS Matematika terintegrasi Islam siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu dilihat berdasarkan pencapaian perindikator. Kemampuan siswa untuk Indikator menganalisis (C4) dengan persentase sebesar 58,6% kriteria rendah, indikator mengevaluasi (C5) dengan persentase sebesar 28,8% kriteria sangat rendah, dan pada indikator mencipta (C6) dengan persentase sebesar 27,5% kriteria sangat rendah. Secara keseluruhan siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek memiliki kemampuan sangat rendah dalam menyelesaikan soal HOTS Matematika terintegrasi Islam</span>2023-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Defi Marlina, M. Imamuddin, Isnaniah Isnaniah, Tasnim Rahmathttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/22837Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa2023-12-30T14:20:17+07:00Inggil Nur Utamiinggilnurutami1812@gmail.comIrma Fitriirma.fitri@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>) yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan <em>realistic mathematics education</em> (RME) pada materi koordinat kartesius untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs An Najah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An Najah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan RME. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan yakni LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat valid. Kemudian LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat praktis berdsarkan uji coba kelompok kecil begitu juga pada uji coba kelompok besar. Serta LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori efektif berdasarkan hasil perhitungan dengan Uji <em>Mann Whitney </em>U dengan perolehan Z<sub>hitung </sub>lebih besar dari Z<sub>tabel</sub></p><p><br /><strong>Kata kunci:</strong> Kemampuan Komunikasi Matematis; Lembar Kerja Siswa; <em>Realistic Mathematics Education</em> (RME).</p>2023-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Inggil Nur Utami, Irma Fitrihttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/24103Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa2023-12-31T19:37:16+07:00Paulina Siahaanpaulinasiahaan3793@student.unri.ac.idSusda Helenisusda.heleni@lecturer.unri.ac.idSehatta Saragihsehatta.saragih@lecturer.unri.ac.id<p>Mengikuti perkembangan teknologi, maka guru perlu mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi seperti komputer, dimana media pembelajaran merupakan salah satu faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif yang valid dan praktis. Media pembelajaran dikembangkan untuk materi penyajian data kelas VII SMP bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media ditentukan oleh hasil angket yang dinilai oleh 3 orang validator dan kepraktisan dilihat dari respon siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer model interaktif valid dan praktis. Namun, penelitian ini perlu dilanjutkan dengan uji coba penggunaannya untuk melihat efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif ini untuk menunjang pembelajaran materi penyajian data. Namun guru perlu meninjau terlebih dahulu ketersediaan komputer dan listrik di sekolah.</p>2023-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Paulina Siahaanhttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/25672Pengembangan Modul Digital Menggunakan Kodular Pada Materi Teorema Pythagoras2023-12-30T14:20:17+07:00Ratih Pepriyantiratih123rpa@gmail.comAlfi Yunitaalfi_yunita@gmail.comMelisa MelisaIcamelisa87@gmail.comPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang nya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada materi teorema Pythagoras. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa modul digital menggunakan Kodular pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk melnghasilkan selbuah modul digital melnggunakan kodular pada matelri telorelma Pythagoras yang valid dan praktis untuk siswa kellas VIII SMP Nelgelri 27 Padang. Jelnis pelnellitian ini adalah pelnellitian pelngelmbangan melnggunakan R&D (<em>Re</em><em>lselacrh and Delvellopmelnt</em>) delngan modell pelngelmbangan 4-D. Produk yang dikelmbangkan belrupa modul digital melnggunakan kodular pada matelri telorelma Pythagoras. Instrumeln yang digunakan belrupa lelmbar angket menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital ini layak dan mudah digunakan untuk materi teorema Phytagoras2023-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Ratih Pepriyanti, Alfi Yunita, Melisa -https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/25630Kualitas Instrumen Evaluasi Akhir Semester Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pada Mata Kuliah Fungsi Kompleks2023-12-30T14:20:17+07:00Rena Revitarena.revita@uin-suska.ac.idAde Irmaade.irma@uin-suska.ac.idDepi Fitrainidepi.fitraini@uin-suska.ac.idSiti Nurhidayahsiti.nurhidayah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi akhir semester mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada mata kuliah Fungsi Kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (<em>field research</em>) dengan menggunakan pendekatan deskripstif Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 pada Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada semester ganjil 2022-2023 yang berjumlah 65 orang. Objek penelitian adalah intumen evaluasi Akhir semester dalam bentuk 4 soal essay pada mata kuliah Fungsi Kompleks yang akan dilihat kualitas soalnya yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa instrumen evaluasi akhir semester mahasiswa yang terdiri dari 4 soal essay dinyatakan valid dengan memperoleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel. Kemudian berdasarkan hasil analisis untuk melihat reliabilitas dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi sudah reliabel dengan memperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel. Selanjutnya analisis tingkat kesukaran soal yaitu memperoleh kesimpulan bahwa 1 soal memiliki tingkat kesukaran sedang, yaitu soal nomor 3 dan 3 soal lainnya yaitu soal nomor 1, 2 dan 4 memiliki tingkat kesukaran mudah. Terakhir analisis daya pembeda soal yang memperoleh kesimpulan dari 4 soal hanya 1 soal yang memiliki daya pembeda soal yang baik yaitu soal nomor 4</p><p align="center"> </p><p class="6Katakunci-Keywords"><strong>Kata kunci: </strong>Kualitas Soal, Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda</p>2023-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Rena Revita, Ade Irma, Depi Fitraini, Siti Nurhidayah