Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru

Fitri Rahmadeni, Depriwana Rahmi, Depi Fitraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL)denganpesertadidik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Ada tidaknya interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest, untuk mengukur kemampuan koneksi matematis menggunakan instrumen soal tes. Teknik non tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik angket untuk mengetahui data motivasi belajar menggunakan angket motivasi belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik

Full Text:

PDF

References


Badaruddin, B., Anggo, M., & Makkulau, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33772/jpbm.v4i2.8127

Handayani, N. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Dengan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. 8.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Rajawali Pers.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1), Article 1. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/120

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Mardiati, M., & Rani, F. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.209

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Open-Ended dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no1.2018pp81-92

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: An Overview. National Council of Teachers of Mathematics.

Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), Article 2. http://e-repository.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2815

Pradja, N. S., & Nurmilati, I. I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 60–69. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2018

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran—Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 57–77. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77

Rahmadani, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 75–83. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.797

Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.251

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836

Surata, I. G., Agung, A. A. G., & Sudarma, K. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Stad Berorientasi Open-Ended Problem terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.688

Ulya, L. F., Irawati, R., & Maulana. (2014). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2940/1966

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Kontruktivisme. Alfabeta.

Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Smp N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.242

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11–18. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter