Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Dwi Endah Lestari, Didi Suryadi

Abstract


Dalam kurikulum matematika, aljabar telah dikenal luas sebagai salah satu topik paling sulit, yang mengarah pada kesulitan belajar di seluruh dunia. Di Indonesia,kinerja aljabar adalah masalah penting. Tren Matematika Internasional and Science Study (TIMSS) 2007, prestasi pelajar Indonesia dalam aljabardomain secara signifikan di bawah rata-rata kinerja siswa di Tenggara lainnyaNegara-negara Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Fakta ini memunculkan hal inistudi yang bertujuan untuk menyelidiki kesulitan siswa Indonesia dalam aljabar. Untukmelakukannya, studi literatur dilakukan pada kesulitan siswa dalam aljabar awal. Lanjut,tes tertulis individu pada tugas-tugas aljabar diberikan, diikuti oleh wawancara.  Sampel diambil dari 10 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tambang  mengerjakan tes tertulis, dan 5 di antaranya di wawancarai kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar dari berbagai aspek.


Full Text:

PDF

References


Artigue, M., Assude, T., Grugeon, B., & Lenfant, A. (2001). Teaching and learning algebra: Approaching complexity through complementary perspectives. The future of the teaching and learning of algebra. Dipresentasikan pada (Proceedings of the 12th ICMI Study Conference, Melbourne, Australia.

Banerjee, R. (2011). Is Arithmetic Useful for the Teaching and Learning of Algebra? Contemporary Education Dialogue, 8(2), 137–159. https://doi.org/10.1177/097318491100800202

Booth, L. . (1988). Children’s Difficulties in Beginning Algebra. In A.F. Coxford (Ed.), The Ideas of Algebra, K–12(1988 Yearbook) (pp. 20–32). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Chrysostomou, M., Tsingi, C., Cleanthous, E., & Pitta-Pantazi, D. (2011). Cognitive styles and their relation to number sense and algebraic reasoning. Proceedings of The Seventh of The Europeansociety For Research In Mathematic Education, 387–396.

Glaser, B. G. (1978). Advances in the Methodology of Grouded Theory:Theoretical Sensitivity. Mill Vally. California: Sociology Press.

Handayani, S. (2012). Analisis Kesalahan siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar ditinjau dari Kemampuan Awal dan Tingkat Kesulitan Soal Yang dihadapi Siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 4 Purwerejo Tahun Ajaran 2010/2011 (Skripsi). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Januarvi, E. . (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi.(skripsi, Universitas Muhamadiyah Surakarta,2016).

Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683–710. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0097-0

Kriegler, S. (2011). Just What is Algebraic Thinking. (Los Angeles: California.

Linchevski, L., & Herscovics, N. (1996). Crossing the cognitive gap between arithmetic and algebra: Operating on the unknown in the context of equations. Educational Studies in Mathematics, 30(1), 39–65. https://doi.org/10.1007/BF00163752

Moleong, L. J. (2010). Motedologi Penlitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustaqim. (2013). Proses Scaffolding Berdasarkan Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear dengan Menggunakan Mapping Mathematic. Jurnal Pendidikan Sains Graduate School of Universitas Negeri Malang, 1(1), 72–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v1i1.3973

Sugiono. (2008). Motedologi Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surati. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTsN Model Palu Timur Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2). Diambil dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3214/2270

Usiskin, Z. (1999). Conceptions of School Algebra and Uses of Variables. In Algebraic Thinking, Grades K-12: Readings from NCTM’s School-based Journals and Other Publications (hal. 7–13). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Van Amerom, B. A. (2003). Focusing on informal strategies when linking arithmetic to early algebra. Educational Studies in Mathematics, 54(1), 63–75. https://doi.org/10.1023/B:EDUC.0000005237.72281.bf

Wardani, S. (2004). Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar di SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengebangan Penataran Guru Matematika. Diambil dari https://raymondale.files.wordpress.com/2013/05/ppp04_aljabarsmp.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter