Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP

Abdi Nursamsi, Hayatun Nufus, Annisah Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model  contextual teaching and learning terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP Negeri 03 Siak Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dangan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 03 Siak Hulu, dengan menggunakan purposive sampling, terpilihlah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dengan instrumen soal tes kemampuan awal matematis dan soal posttest kemampuan koneksi matematis serta teknik observasi dengan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal, yaitu: (1) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model contextual teaching and learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) tidak terdapat interaksi antara model contextual teaching and learning dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP Negeri 03 Siak Hulu.


Full Text:

PDF

References


Dayani, D. R., & Hasanuddin, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contexctual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 1 Sungai Batang. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 091–100. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.8896

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Fadillah, A., Dewi, N. P. L. C., Ridho, D., Majid, A. N., & Prastiwi, M. N. B. (2017). The effect of application of contextual teaching and learning (CTL) model-based on lesson study with mind mapping media to assess student learning outcomes on chemistry on colloid systems. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 101–108. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5128

Fauzan, ahmad. (2016). Diktat Modul 4 Evaluasi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Hanun, F. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan AwalTerhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian. Https://Www. Academia. Edu/28651932/Pengaruh_Metode_Pembelajaran_Dan_Kemampuan_Aw al_Terhadap_Hasil_Belajar_Matematika. Diakses pada, 28.

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Matematics Paedagogic, 1, 152.

Hartono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Pustaka Belajar.

Hartono, H. (2011). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Johnson, E. B. (2011). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Kaifa. /free-contents/index.php/buku/detail/contextual-teaching-learning-menjadikan-kegiatan-belajar-mengajar-mengasyikkan-dan-bermakna-elaine-b-johnson-31666.html

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 70–75. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2a1

kunandar, kunandar. (2010). Guru profesional. Rajawali Pers.

lestari, karunia eka, & yudhanegara, mokhammad ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Maryanti, M., & Qadriah, L. (2018). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berbasis Gender. Jurnal Peluang, 6(2), 39–46. https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12727

Muhandaz, R. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTSN KOTA PADANG. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1338

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Musriliani, C., Marwan, M., & Ansari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), Article 2. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2814

Purwanto, P. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, & Getan, M. A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/8021

Retnasari, R., Maulana, M., & Julia, J. (2016). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV PADA MATERI BILANGAN BULAT. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 391–400. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3045

Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.

Ridwanulloh, A., Jayadinata, A. K., & Sudin, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 731–740. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3563

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana Prenada Media Grup.

Ruspiani, R. (2000). Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematik. Tesis PPs UPI.

Sabil, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/185

Sabroni, D. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55–68.

Setyawan, A., & Leonard. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika ke-3, Jakarta. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1954

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. UPI Press.

Sundayana, R. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. STKIP Garut Press.

Syahbana, A. (2012). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604

Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Yudha, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Scaffolding terhadap Kemampuan Koneksi Matematis di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 79–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter