Pengaruh Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 18 Pekanbaru

Dewi Yuliani, Lies Andriani, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang  terdapat pada siswa SMPN18 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry, mengetahui ada tidaknya perbedaan  kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang memiliki self efficacy  tinggi, sedang dan rendah, serta melihat ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.2 dan VIII.3 dengan menggunakan cluster random. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan komunikasi matematis, angket berupa lembar angket self efficacy, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang memiliki self efficacy  tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).

Chotimah, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Stkip Siliwangi Bandung, 9(1).

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Isok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jasija, K., Fitriana, F. A. & Aripin, U. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5).

Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self- Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran MEA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2).

Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1 (1).

Rahmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2 (2).

Sari, S. R., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2).

Yunisha, R., Prahmana, R. C. I. & Sukmawati, K. I. (2016). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter