Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Ayang Kurniati, Arnida Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan  pembelajaran konvensional pada materi segiempat jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Tualang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua jalan (two-way anova) untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol, yaitu antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Tualang.

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. (2012).Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika.STKIP Siliwangi Bandung.Vol 1, No. 2.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarmo. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa.Bandung: PT. Refika Aditama.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nufus, Hayatun, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe N umbered H ead T ogether (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis. Jurnal Al - Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam, Vol.4, No.1, hal. 29 – 42.

Ilyasari, Astia, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Bandar Lampung: Unila.

Riduwan.(2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter