Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat

Memen Permata Azmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara merancang instrumen tes kemampuan analogi matematis. Setelah soal analogi matematis disusun dilakukan analisis pengembangan tes berupa uji validitas, uji reliabititas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran soal. Soal analogi matematis yang dikembangkan terbatas pada materi segi empat tingkat sekolah menengah pertama. Metode analisis tes meliputi: metode uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, metode uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, metode uji daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang soal analogi matematis terdapat lima kiat yang dapat terapkan. Selain itu tes kemampuan analogi matematis yang telah telah dikembangkan dinyatakan valid, reliabel, memiliki daya pembeda yang baik, dan tingkat kesukaran soal yang beragam.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S. (2011). Logika dan Penalaran Ilmiah, Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azmi, M. P. (2017). Memgembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1, Mei 2017.

Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

English, L. D. (1999). Reasoning by Analogy, pada Stiff, L.V, & Curcio, F. R. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston: NCTM.

English, L. D. (2004). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Herdian. (2010). Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Isoda, M. & Katagiri, S. (2012). Mathematical Thingking How to Develop it in Classroom. Singapore: World Scientific.

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matemtika STKIP Siliwangi Bandung.

Loc, N. P. & Uyen, B. P. (2014). Using Analogy in Teaching: an Investigation of Mathematics Education Students in School of Education. International Journal of Education dan Research Vol. 2 No. 7.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Novick, L. R. & Holyoak K. J. (1991). Mathematical Problem Solving by Analogy, Learning, Memory, and Cognition, 398-415. Journal of Experimental Psychology: American Psychological Association Inc.

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shadiq, F. (2013). Penalaran dan Analogi? Pengertian dan Mengapa Penting? Artikel Widyaiswara PPPPTK Matematika.

Soekardijo, G.R. (1999). Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia.

Sudijono, A. (2012). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2003). Evaluasi pembelajaran matematika. Bandung: JICA Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suriadi. (2006). Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Suriasumantri, J.S. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Zulaiha, R. (2008). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta : Puspendik.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter