Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP

Rena Revita

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui nilai kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Sumatera Barat pada materi Teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan perangkat ini adalah Model Pengembangan Plomp. Nilai akhir  uji kepraktisan pada penelitian ini diperoleh melalui intrumen berupa angket respon guru dan angket respon peserta didik sebagai pengguna pada uji lapangan dan dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui angket respon guru dihasilkan nilai rata-rata kepraktisan yaitu 85,45% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan dari angket respon peserta didik dihasilkan nilai  rata-rata kepraktisan yaitu 87,14% dengan kategori sangat praktis. Setelah melalui beberapa proses dan berdasarkan kategori-kategori tersebut, maka perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing yang  dikembangkan memiliki kategori sangat praktis menurut guru dan peserta didik sebagai pengguna

Full Text:

PDF

References


Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Hariyani, Mimi. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. Tesis UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pemebelajaran Matematika dan Aplikasinya Menuju Guru Matematika yang Kreatif dan Inovatif. Pekanbaru : Benteng Media.

Nurcholis. (2013). Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(01), 32-42.

Oktaviandy, N. (2012). Penelitian Pengembangan (Development Research), tersedia : https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian-pengembangan-development-research/ [26 Januari 2016].

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Plomp, T dan N. Nieveen. 2013. Education Design Research. Enshede: Netherlands Institute For Curriculum Development (SLO).

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suherman, E. (2001). Startegi Pembelajaran Matematika Komtemporer. JICA. UPI Bandung.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter