Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP

Ramon Muhandaz, Meci Mawar Lestari, Annisah Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, kelas yang dipilih adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 38 orang siswa.Data analisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data menggunakan uji –t dan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemecahan masalah setelah perlakuan diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah. Secara umum, pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Ade Andriani. 2017. Interaksi Antara Model Pembelajaran dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika, SEMNASTIKA UNIMED, ISBN: 978-602-17980-9-6.

Ani Minarni. 2012. Pegaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November. ISBN: 978-979-16353-8-7.

Erman Suherman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI, Bandung.

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. PT Refika Aditama, Bandung.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan, 06 Desember 2016, diakses pada tanggal 02 Mei 2019.

https://www.slideshare.net/mobile/GussNo/lampiran-i-permendikbud-no-58-tahun-2014, 18 September 2014, diakses pada tanggal 02 Mei 2019.

Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara, Jakarta.

Junita Amalia dkk.2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang, Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Vol.3 No. 2.

Nurul Hazizah Siregar dan Syafari. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran PBL dan TPS, SEMNASTIKA UNIMED, (Mei 2017), ISBN: 978-602-17980-9-6.

Paul Eggen dan Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran Konten dan Keterampilan Berpikir, eds. 6, PT Indeks, Jakarta.

Puji Astuti dkk. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dengan Soal-soal Pemodelan, Jurnal Seminar Prosiding.

Risnawati. 2013. Keterampilan Belajar Matematika. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Zubaidah Amir dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.7047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter