Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar

Ratna Sari, Suhandri Suhandri, Hayatun Nufus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah  Pertama Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttes control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah  Pertama Kampar. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling, terpilih kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah  Pertama Negeri 2 Bangkinang Kota.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik angket dan teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa, dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk menentukan “ada atau tidak adanya” kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk mengetahui kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan  pemahaman konsep matematis  antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru dan  terdapat perbedaan kemampuan  pemahaman konsep matematis  antara siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru.


Full Text:

PDF

References


Eka, Karunia, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama: Bandung

Fitria Rozi. 2009. Penilaian Berbasis Kelas (Classroom Assesment) dalam Pembelajaran Matematika. Pekanbaru

Hendriana, Heris, dkk. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Rafika Aditama: Bandung

Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama: Bandung

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Prosedur. Kencana: Jakarta

Tea Taufik. 2009. Inspiring Teaching. Jakarta: Gema Insani

Wena Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zalyana. 2014. Psikologi Pembelajaran. Pekanbaru: Cv Mutiara Pesisir Sumatra

Slameto.2015.Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Deporter Bobby, dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka

Muzakir dan Sutrisno.1996. Psikologi Pendidikan. Semarang. Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter