Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttes control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling, terpilih kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangkinang Kota.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik angket dan teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa, dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk menentukan “ada atau tidak adanya” kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk mengetahui kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru.
Full Text:
PDFReferences
Eka, Karunia, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama: Bandung
Fitria Rozi. 2009. Penilaian Berbasis Kelas (Classroom Assesment) dalam Pembelajaran Matematika. Pekanbaru
Hendriana, Heris, dkk. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Rafika Aditama: Bandung
Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama: Bandung
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Prosedur. Kencana: Jakarta
Tea Taufik. 2009. Inspiring Teaching. Jakarta: Gema Insani
Wena Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zalyana. 2014. Psikologi Pembelajaran. Pekanbaru: Cv Mutiara Pesisir Sumatra
Slameto.2015.Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Deporter Bobby, dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka
Muzakir dan Sutrisno.1996. Psikologi Pendidikan. Semarang. Pustaka Setia
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: