Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran TPS dan motivasi siswa terhadap kemampuaan komunikasi matematis pada siswa SMP Negeri 4 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G dan kelas VIII-E SMP Negeri 4 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengeeruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, dan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa menggunakan model pembelajaran TPS dengan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) terdapat kontribusi antara motivasi belajar dengan komunikasi metamatis. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap kemampuan komunikasi komunikasi matematis siswa. dengan demikian secara umum model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap komunikasi matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Tambang.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, M. dan Fitraini, D. 2016. Penerapan Strategi Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa PGMI Semester II UIN Suska Riau, Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 117-124
Ariawan, R. 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick on the Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 20–30
Darkasyi, M. Johar, R dan Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP 5 Lhokseumawe. Jurnal Ditaktik Matematika. 1 (1), pp. 21-34.
Firmansyah, A,, Hasanuddin, dan Nelson, Z. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 1-10
Gardenia, N. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Konsstruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif, 6(2), 110-118
Husna, Ikhsan, M. Dan Fatimah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Jurnal Peluang, 1(2), 81-92
Mahmudi, A. 2009. Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU 8(1). 1-9
Meisya, S., Suhandri and Nufus, H. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 33-42
Nataliasari, I. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(1). Artikel 3.
Rahmayanti, K. R., Hasanuddin, dan Nelson, Z. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru, Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 65-70
Rizki, Y.E., dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37-44
TIMSS. 2011. Timss 2011 Internasional Result in Matematics. Bostum: The International Center Boston College Lynch School of Education
Vitriani, J. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45-49
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: