Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah

Norhayati Norhayati, H. Hasanuddin, H. Hartono

Abstract


Masih terbatasnya media pembelajaran berbasis komputer yang digunakan dalam proses pembelajaran disekolah maka salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al – Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Al – Muttaqin Pekanbaru dan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis CTL dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil uji validitas teruji dengan tingkat kevalidan 88,70% (sangat valid), tingkat kepraktisan kelompok kecil yaitu 84,38% (sangat praktis), tingkat kepraktisan kelompok terbatas yaitu 90,10% (sangat praktis) serta tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 86,82% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Adisusilo Jr., S. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin ,Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ashar. (2011). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono. 2011. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Belajar yang Mudah Diterima Siswa. Yogyakarta: Diva Press.

Jacob, C. (n.d). Matematika sebagai Pemecahan Masalah. Diakses melalui: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/194507161976031-CORNELIS_JACOB/MATEMATIKA_SEBAGAI_PEMECAHAN_Masalah.pdf

Muliawati, N. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Problem Based Learning (skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses melalui: repository.upi.edu.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy F. dan Arora, 2012, TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online], Tersedia http://timssandpirls.bc. Edu.org,.

Mulyatiningsih,E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Permendiknas. (2006, nomor 26). Standar isi untuk Satuan pendidikan dasar dan menengah. Kementerian Pendidikan Nasional

PISA. (2015). Result From PISA 2015. {online]. Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ramadhani, S. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa (Tesis). Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. (2014). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Riyadi, S. dan Pardjono. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 165-177.

Rochmad. (2012). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Jurnal FMIPA UNNES.

Tantowi, S. (2009). Manfaat Fasilitas Multimedia Di Dalam Komputer Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Diakses pada tanggal 5 Januari 2016. http://salimahtantowi.wordpress.com/2009/03/15/manfaat-fasilitasmultimedia-di-dalam-komputer-dalam-proses-belajar-dan-mengajar/.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajujan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyanto. (2012). Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Trianto.2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Dian Rakyat

Sri Wardani, dkk. 2013.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA. 18(2): 167-177.

Widodo, dkk. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter