Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, dkk,. (2013). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Pembelajaran Konvensional. (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Volume 1 No. 1). Kendari: PMIPA UHO.
BSNP. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP. tersedia: https://bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf
Istarani dan Ridwan, Muhammad. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Martunis, dkk. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Generatif, (Jurnal Didaktik Matematika Volume 1, No. 2).
Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Dira Press.
Prayitno, Sudi, dkk. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Pada Tiap-Tiap Jenjangnya, [online] tersedia: http://fmipa.um.ac.id/indeks.php/component/attachments/download/158.html
Qohar. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP, (Lomba dan Seminar Matematika ISBN: 978-979-17763-3-2). Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang.
Ramellan, Purnama, dkk. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif (Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No.1). Padang: FMIPA UNP.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Taduengo, Fatmawati, dkk. (2013). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo Pada Materi Statistika. Gorontalo: FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.
Wahyuningrum, Endang. (2013). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik dengan MEAs, (Jurnal Pendidikan, Volume 14, Nomor 1). Tangerang: FKIP Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.4758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: