Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Peluang
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang seharusnya dikuasai oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal kontekstual terkait materi peluang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperolehh melalui pemberian tes serta wawancara. Adapun subjek penelitian terdiri atas 44 orang siswa kelas X.6 SMA Negeri 12 Pekanbaru pada tahun pelajaran 2024/2025. Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri atas dua butir soal. setelah tes dilaksanakan, siswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada indikator memahami masalah dengan persentase 37,49%, indikator merencanakan pemecahan masalah 38,77%, indikator melaksanakan rencana pemecahan masalah 34,08%, dan indikator menafsirkan hasil yang diperoleh 11,22%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika adalah 30,64% dan berada pada tingkat sedang. Kesimpulan yang diperoleh menyatakan bahwa penguasaan siswa terhadap materi peluang tergolong sedang, khususnya dalam aspek penerapan. Selain itu, hambatan yang muncul adalah ketika siswa belum mampu menafsirkan permasalahan pada soal maupun memahami konsep dari operasi hitung.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Margayanti, D., Maslahah, F. N., Manazila, S. I., Puspitawedana, D., Yuliyantika, S., & Luthfi, S. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika: Panduan untuk Guru Abad 21. Amerta Media. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/press/article/view/340
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39–46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Siste, Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Denati, N. P., Fitriani, N., & Pertiwi, C. M. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IXE SMP Bhakti Mulya Batujajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1485–1494. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.10995
Dewi, I. L. R., & Handayani, I. (2025). Pengaruh Resiliensi Matematis dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Se-Kabupaten Bangka Barat. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(2), 787–801. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i2.3174
Faidah, L. N. (2024). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Aritmatika Sosial dengan Pembelajaran Berbasis Video. Buletin Edukasi Indonesia, 3(02), 70–79. https://doi.org/10.56741/bei.v3i02.546
Harahap, A. A. S., Salsabila, Y., Harahap, M. M., & Wirdia, I. A. (2023). Analisis Kesulitan siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 415–426.
Kharismayanda, M., & Risnawati, R. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 001–010. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.25840
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 29–34. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Nurmawati, R. D., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Desa Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 135–146. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12307
Patimah, S. P. siti, Setiani, A., & Mulyanti, Y. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 62–74. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.364
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan Teknologi Republik Indonesia No 12 Tahun 2024. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Pratidina, D. A., & Nindiasari, H. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kerangka Kerja TPaCK: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1841–1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834
Pratiwi, K. A. M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 14(2), 194–206. https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9081
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rahmawati, D., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Proses Planning, Execution, Dan Revision Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 191–208. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1336
Saputro, L. H., Sunandar, S., & Kusumaningsih, W. (2020). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 409–416. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6663
Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dari Penerapan Problem Solving dan Problem Posing pada Siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.678
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.38070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by:








