Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) Matematis Siswa
Abstract
Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa pada saat ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT). KBTT adalah kemampuan untuk mengolah informasi secara kritis dan kreatif untuk menyelesaikan masalah, membuat keputusan, dan menghasilkan gagasan baru. Namun, kenyataannya banyak siswa masih cenderung menggunakan pola berpikir tingkat rendah, seperti sekadar menghafal rumus atau prosedur tanpa memahami esensinya. Pendekatan PMR menyediakan ruang bagi siswa untuk berdiskusi, mengeksplorasi berbagai strategi dalam menyelesaikan masalah, serta mengembangkan argumen logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan KBTT matematis siswa melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes untuk mengukur KBTT siswa, lembar observasi, serta dokumentasi pendukung. Teknik analisis data mencakup uji Mann-Whitney dan perhitungan N-Gain. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkannya pendekatan PMR. Rata-rata peningkatan KBTT siswa berdasarkan hasil N-Gain pada seluruh indikator mencapai angka 0,37 yang tergolong dalam kategori sedang.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Tangerang: Tira Smart.
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Eksakta:Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%p
Aini, K. (2017). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 18–27.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azhari, A. (Azhari), & Somakim, S. (Somakim). (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: Ascd.
Budiarta, K., Harahap, M., & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.
Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Harianja, M., Yusup, M., & Siahaan, S. M. (2024). Uji N-Gain pada Efektivitas Penggunaan Game dengan Strategi SGQ untuk Meningkatkan Berpikir Komputasi dalam Literasi Energi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 13(2), 304–310. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v13i2.25168
Hasniati, H., Jais, E., & Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 133–139. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.268
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Heldawati, H., Yulianti, D., & Nurhanurawati. (2023). Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 356–363. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6461
Herdiansyah, F., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7496–7502. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3525
Hidayanti, D., As’ari, Abdur R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 12, 276–285.
Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 5(3), 1–68.
Kharismayanda, M., & Risnawati. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 7(1), 001–010. https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.25840
Lubis, F. F., Nurdin, E., & Fitri, I. (2023). Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 6(3), 277–284. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754
Malik, R. F., Riafadilah, A., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Basica, 3(2), 39–50. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4173
Marlina, D., Imamuddin, M., Isnaniah, I., & Rahmat, T. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Matematika Terintegrasi Islam. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 6(4), 401–410. https://doi.org/10.24014/juring.v6i4.26452
Muhtadi, D., & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6o1.424
Muzaki, A., Wahyudi, E., & Bora, N. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas XI IPA SMA Seminari Sinar Buana Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 1(2), 130–138.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurhayati, H., Handayani, L., & Widiarti, N. (2023). Keefektifan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1716–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5384
Pangestika, R. R., & Cahyaningsih, U. (2021). Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas: Fundamental Pendidikan Dasar, 4(3), 341–348. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780
Pasaribu, L. H., & Hasanah, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Eduscience, 9(3), 698–706. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 793–801.
Rachmi, C. N., Suhartati, S., & Hidayat, M. (2024). Validitas Modul Ajar dan LKPD Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Islami pada Materi Statistika. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 7(3), 221–228. https://doi.org/10.24014/juring.v7i3.25626
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Semirata, 225–238.
Ramadhani, M. H., & Caswita, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 265–272.
Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis Hots pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 436–446. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.374
Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i1.250
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1151
Shofiah, S., Lukito, A., Yuli, T., & Siswono, E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54–62. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.9856
Situmorang, A., Napitupulu, E., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif SiswaKelas V SD. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44816
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631
Ulaimi, Muhammad, I., & Isfayani, E. (2021). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Dewantara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4725
Utami, I. N., & Fitri, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 6(4), 411–420. https://doi.org/10.24014/juring.v6i4.22837
William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil, 20(1), 71–80. https://doi.org/10.55601/jsm.v20i1.650
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.37455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: