Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP

Cut Wira Sukma, Putri Yuanita, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model eliciting activities (MEAs) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa secara keseluruhan dan berdasarkan kategori kemampuan awal matematika (KAM), serta mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kedua kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 120 siswa kelas VIII dari dua SMP Negeri di Pekanbaru, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Instrumen penelitian mencakup lembar angket disposisi matematis, soal tes kemampuan komunikasi matematis, serta perangkat pembelajaran yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, ANOVA satu$ jalur dan dua jalur, serta uji lanjut Scheffe. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan MEAs secara signifikan lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Nilai rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis juga menunjukan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Nilai rata-rata N-Gain kemampuan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan disposisi matematis. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, kemudian kemampuan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM (tinggi, se$dang, re$ndah) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Oleh karena itu  dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan model eliciting activities berpengaruh  terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP.

Kata kunci:  disposisi matematis; kemampuan komunikasi matematis; model eliciting activities


Full Text:

PDF

References


Afrianti, Wira. (2019). Pengaruh Model Eliciting Activities (Meas) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP . Universitas Islam Negeri Ar-Raniry banda Aceh Darusalam, Banda Aceh .

Asri Nurhafsari. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Repository UPI Central Library.

Awaliyah, N., Hendrayana, A., &, & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan kelas virtual untuk meningkatkan kecakapan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi data. JPPM, 12(2), 317.

Dewi, L. G. A. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Astawa, I. W. P. (2019b). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAS) Berbantuan Masalah Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 31–49. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2851

Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(80), 555–564.

Hayatunnida, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa di MIM 12 Nagan Raya. JMADINAH Urnal Studi Islam, 9(1), 11–20.

Illahi, K., Pujiastuti, H., & Samsuri, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 190–197. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12891

Khotimah, K., Nurjannah, U., & Satiti, W.S. (2024). Penerapan Model Eliciting Activities (Meas) Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Jombang. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3).

Maisaroh, M. (2017). Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Masalah Berbentuk Open Start di SMP Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(8), 215219. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21441.

Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45–64.

Nisa, K., Amanda, N., & Pribadi, R. A. (2023). Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik dalam Mewujudkan Digitalisasi dan Penguasaan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 7(3), 1433–1445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5383

Pridjo, & Waluyo. (2017). nalysis Mathematical Communication Skills Student in The Mtter Algebra Based NCTMNo Title. IOS Journal of Mathematics.

Putri, S., Muhandaz, R., & Risnawati. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 171–177. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3146

Ramdani Miftah. (2015). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Program Dual Mode System (DMS) . Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1).

Rema Anggralia, Ria Deswita, Selvia Erita, Mhmd. Habibi, & Putra, A. (2019). Effect of Model-Eliciting Activities (MEAs) Approach on Students’ Mathematical Communication Skills. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 41–49. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7534

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213.

Wijayanti, S., Triyono, T., & Syaifuddin, M. W. (2021). Penggunaan Model-Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Pada Pembelajaran Geometri Transformasi. JURNAL E-DuMath, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1330.

Yulianti, D. E., Wuryanto, & Darmo. (2013). Keefektifan Model-Eliciting Activities Pada Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(1), 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.37341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter