Ekplorasi Learning Obstacle Mahasiswa Field Dependent: Studi Kasus pada Pembelajaran Persamaan Diferensial Biasa
Abstract
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh mahasiswa pada mata kuliah persamaan diferensial biasa menjadi indikasi untuk dilakukan proses penelusuran learning obstacles yang dialami oleh mahasiswa pada pembelajaran persamaan diferensial biasa. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk menjawab tujuan yang telah ditetapkan. Subjek penelitian terdiri dari 14 orang mahasiswa semester 5 Pendidikan Matematika FKIP UIR yang memiliki gaya kognitif field dependent, 3 orang mahasiswa yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan diberikan tindakan lanjutan yaitu wawancara mendalam. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes angket, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari lembar GEFT, soal tes hasil belajar, lembar angket learning obstacle, dan lembar wawancara. Analisis data di lakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan ontogenik dialami oleh mahasiswa yaitu materi yang disajikan terlalu sulit dan cepat, mahasiswa belum menguasai materi prasyarat dengan baik; hambatan didaktik ditemui pada rencana pembelajaran yang belum sempurna dan materi yang digunakan dalam perkuliahan; hambatan epistemologis ditemukan dengan ditandai dengan belum adanya interaksi yang maksimal antara mahasiswa dengan dosen
Full Text:
PDFReferences
Arfinanti, N. (2020). Bahan Ajar Persamaan Diferensial berbasis Higher order Thinking Skills. Jurnal Analisa, 6(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.7782
Armis, & Syofni, S. (2020). Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Berbasis Discovery Learning Topik Persamaan Diferensial Ordo Satu. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 201–210. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9417
Asyhar, B., & Asmarani, D. (2016). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa tentang Materi Persamaan Diferensial Menggunakan Bimbingan Belajar Individual (Face to Face Relationship) Berbantuan Program Maple. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.203
Brosseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers.
Brown, S. A. (2008). Exploring Epistemological Obstacles to the Development of Mathematics Induction. Proceeding of the 11th Conference for Research on Undergraduate Mathematics Education, (December), 1–19. San Diego: CA Press.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Sage publications. Los Angeles: Sage Publications. https://doi.org/10.4324/9780203803448-9
Fuadiah, N. F. (2015). Epistemological Obstacles on Mathematic’S Learning in Junior High School Students: a Study on the Operations of Integer Material. Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences, (May), 315–322. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gjone, G. (1999). Review Theory of Didactical Situations in Mathematics. Nordisk Matematik Didaktikk, 1, 47–52. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2
González-Martín, A. S., Bloch, I., Durand-Guerrier, V., & Maschietto, M. (2014). Didactic Situations and Didactical Engineering in University Mathematics: Cases from the Study of Calculus and Proof. Research in Mathematics Education, 16(2), 117–134. https://doi.org/10.1080/14794802.2014.918347
Isnawan, M. G., Suryadi, D., & Turmudi. (2022). Strategies to Minimize Students’ Learning Obstacle in Fractions: A Grounded Theory. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 87–99. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp67-79
Khodadady, E., & Tafaghodi, A. (2013). Cognitive Styles and Fluid Intelligence: Are They Related? Journal of Studies in Social Sciences, 3(2), 138–150.
Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 57–67.
Nugraha, A. M., & Nurullaeli. (2023a). Graphical User Intrface (GUI) Matlab untuk Penyelesaian Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 7(1), 182–185. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6269
Nugraha, A. M., & Nurullaeli. (2023b). Penyelesaian Numerik Persamaan Differensial Biasa Orde Satu dan Orde Dua Berbasis Graphical Unit Interface MATLAB. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, (58), 267–274. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Pauji, I., Hadi, & Juandi, D. (2023). Systematic Literature Review: Analysis of Learning Obstacle in Didactical Design Research on Geometry Material. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2474
Prabowo, A., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021). Analysis of Mathematical Didactic Situation Constructed by Prospective Teachers based on Learning Trajectory. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042051
Puspita, E., Suryadi, D., & Rosjanuardi, R. (2022). Learning Obstacles of Prospective Mathematics Teacher Students on the Concept of Chain Rules and Alternative Didactic Designs. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 9–16.
Rahmi, Angraini, V., & Melisa. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, 5(1), 864–869. UKSW: Fakultas Sains dan Matematika UKSW.
Rifandi, R., Ahmad, D., & Gusteti, M. U. (2020). Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/436
Rodliyah, I., & Sa’adah, N. (2021). Efektifitas Platform Zoom terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial Biasa Selama Pandemi Covid-19. Sigma, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1223
Sbaragli, S., Arrigo, G., D’amore, B., Pinilla, M. I. F., Frapolli, A., Frigerio, D., & Villa, O. (2011). Epistemological and Didactic Obstacles: the Influence of Teachers’ Beliefs on the Conceptual Education of Students. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 10, 61–102.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syahri, A. A., Satriani, S., Ma’rup, & Bahar, E. E. (2019). Pengembangan Buku Kerja Persamaan Diferensial Biasa pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Unismuh Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 342–358. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a12
Vermana, L., & Zuzano, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Persamaan Diferensial Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 23–34. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5576
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Yudhanegara, M. R. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 209–217.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.36310
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: