Pengembangan Modul Statistik Berbasis Penemuan Terbimbing bagi Mahasiswa di STAIN Bengkalis
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan mengembangkan modul statistik berbasis penemuan terbimbing yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di STAIN Bengkalis dengan subjek penelitian yaitu dosen sebagai pakar pada uji validitas produk dan mahasiswa semester 5 yang sedang mengambil matakuliah statistik sebagai subjek pada uji kepraktisan serta uji efektivitas. Objek dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran statistik yang dikembangkan dengan pendekatan penemuan terbimbing. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi instrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh data bahwa modul Statistik yang dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Penilaian yang dilakukan oleh ahli memperoleh skor rata-rata sebesar 3,49, yang termasuk dalam kategori sangat valid, sehingga modul dinyatakan telah memenuhi kriteria validitas. Selanjutnya, hasil penilaian kepraktisan berdasarkan pengisian angket oleh mahasiswa menunjukkan persentase rata-rata sebesar 82,92%, persentase tersebut mengindikasikan bahwa modul tersebut memenuhi kriteria praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Terakhir, efektivitas modul diukur melalui analisis tugas akhir mahasiswa dalam mata kuliah Statistik, dengan hasil rata-rata sebesar 93,15%, yang menunjukkan modul memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan pemahaman dan capaian belajar mahasiswa. Dengan demikian, modul Statistik berbasis penemuan terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: modul; penemuan terbimbing; statistik
Full Text:
PDFReferences
Aldo, N., Revita, R., & Nurdin, E. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika SMP Kelas VIII. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 115–129. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.115-129
Andriani, D. G., & Lestari, F. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Software untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Universitas Wahidiyah. Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i2.114.
Ariawan, R., Reza Utami, Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930.
Astriani, L., & Akmalia, S. (2022). Pengembangan Modul Bangun Ruang dan Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3431–3442. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1568.
Bakri, R. (2021). Pengembangan modul digital intraktif dalam pembelajaran statistika tarapan menggunakan learning management sistem. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1).
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sma Kurikulum 2013. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298.
Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036.
Gumilang, M. G., Sumarwahyudi, S., & Anggriani, S. D. (2024). Analisis Visual Desain Cover Buku Seri Tempo Edisi “Chairil Anwar” Tahun 2022. Jurnal Kajian Seni, 11(1), 81. https://doi.org/10.22146/jksks.97241.
Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi. PT RajaGrafindo Persada.
Irma, A., Revita, R., & Apriliani, A. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Fungsi Kompleks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2452–2461. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3709.
Jufri, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Statistika Kelas IX SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
Karim, A., Faridah, E., Surya, E., Bukit, N., & Idawati, I. (2024). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 77–82. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2404.
Kusumawati, R., & Kurniawan, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Stuktur Aljabar dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi dan Menulis Bukti Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010.
Muhtadin. (2023). Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Statistika di Prodi MBS STAI An-Nadwah Kuala Tungkal. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 13(1), 53–59.
Nasser, R., Abbas, A., & Saputra, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(3), 248–254. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.3.2022.1241.
Nurcholis. (2013). Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 34–44., 1(1), 34–44.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304.
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875.
Simbolon, S. (2020). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Math Solver untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(2).
Subekti, F. E., & Akhsani, L. (2020). Pengembangan Modul Statistika Deskriptif Berbasis Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 530. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2869.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta.
Thalib, Muh. M., Munir, Abd., & Hasan, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Statistik Infrensial Berbasis Bimbingan dan Konseling dengan Model ADDIE. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2). https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.143.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.36112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: