Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dalam Problem Based Learning Terintegrasi Prinsip Understanding by Design

Firza Azkiah, Tina Sri Sumartini, Hilma Siti Nur Apriyanti, Indri Yani, Kamelia Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan dimensi self-efficacy (generalisasi, level, dan kekuatan) pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan prinsip Understanding by Design (UbD). Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling sehingga menghasikan tiga siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes pemecahan masalah matematis, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menunjukkan penguasaan ketiga dimensi self efficacy tidak berhasil mencapai tahap pemeriksaan ulang dalam proses pemecahan masalah. Siswa yang menguasai dua dimensi gagal menyelesaikan tahap perencanaan dan pemeriksaan ulang, sedangkan siswa yang hanya menguasai satu dimensi berhasil mencapai tahap pemahaman masalah saja. Temuan ini mengungkap kondisi kemampuan pemecahan masalah matematika yang dipengaruhi oleh tingkat self efficacy siswa.


Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Alifia, N. N., & Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian Kemampuan Sellf Efficasy Matematis Siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1), Article 1.

Ariawan, R., Tamalla, S., Kafrina, K., Nurdin, E., & Fitraini, D. (2024). Profil Kemampuan Pemahaman Relasional Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.25418

Ayyubi, I. I. A., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p355-360

Bandura, A. (1995). Self-efficacy in Changing Societies. Cambridge University Press.

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & F Wulandari, N. (2018). The Difficulties of High School Students in Solving Higher Order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.

Hastuti, D. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Adiluhur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16445

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.897

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 641–652. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p

Namus, A. O., Choirunnisa, A. S., & Hidayati, A. N. (2024). Membangun Pemahaman yang Mendalam dalam Pembelajaran dengan Prinsip Understanding By Design (UbD). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5(2), 83–92. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5236

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1420

Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficasy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), Article 1.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Subaidi, A. (2016). Self Efficasy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. SIGMA: Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 1(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v1i2.68

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Yasin, M., & Ilham, M. (2025). Analisis Struktur dan Fungsi Madrasah sebagai Lembaga Sosial dalam Masyarakat Islam. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 3(1), Article 1.

Zakiyah, K., & Yusritawati, I. (2023). Penerapan Pembelajaran PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), Article 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.35701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter