Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis peserta didik, namun belum dapat dikembangkan pada pembelajaran matematika dikarenakan perangkat ajar dan proses pembelajaran yang kurang mendukung kemampuan penalaran matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi Barisan dan Deret. Pegembangan modul ajar menggunakan tahapan model 4D dengan subjek penelitian adalah peserta didik fase E MA Al-Ihsan Boarding School. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, tes dan nontes. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, angket respon guru, dan lembar tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data terdiri dari uji statistik, analisis validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil validitas oleh 3 dosen matematika menggunakan lembar validasi mendapati bahwa modul ajar berkategori sangat valid, hasil praktikalitas berdasarkan penilaian respon guru memperlihatkan bahwa modul ajar berkategori sangat praktis, dan hasil efektifitas melalui penelitian eksperimen memperlihatkan bahwa modul ajar memberikan dampak positif yaitu efektif dengan kategori sedang dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis PBL memiliki kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Aldo, N., Revita, R., & Nurdin, E. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika SMP Kelas VIII. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 115–129. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.115-129
Alifa, V. N., Arfinanti, N., & Hibatallah, M. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Siswa Kelas X MAN 4 Bantul. Polynom : Journal in Mathematics Education, 3(3), 104–109. https://doi.org/10.14421/polynom.2023.33.104-109
Andayani, S., & Pratama, Y. (2022). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 121. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4806
Anggraena, Y., McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, & Mufti, N. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Kemendikbudristek.
Ardiansyah, M., & Jerry. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Fotografi. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 7(4), 2621–3249. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Arif, L., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 423–436. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.360
Asmar, S. E., Armiati, A., Arnawa, I. M., & Yarman, Y. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 304–314. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8368
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024.
Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Fase E. Math Didactic, 10(1), 102–113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637
Bahar, E. E., Usman, M. R., & Pratiwi, I. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Model Discovery Learning. URNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 152–162. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.3679
Balad, M., Maimunah, M., & Siregar, S. N. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Tebing Tinggi dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. Edu Math (Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika), 11(13), 1–4. https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1874
Belladina, N., Handayanto, A., & Shodiqin, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Quantum Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 323–331. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4861
Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student Experiences, 1(6), 536–544. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21341.69604
Desryanto, M. E. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Berbasis Tpack (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Journal on Education, 6(1), 4978–4987. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3659
Dwi Ikasari, & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5882
Fadillah, M., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Term of Mathematical Self Efficacy of MAN 2 Pekanbaru Students. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 641–660. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i3.465
Fadillah, M., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MA Ihsan Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman. Edumatnesia: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 175–189. https://doi.org/10.62947/jkpi.v1i1.6
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan odel problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Harapit, S., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 423–436. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.360
Harapit, S., Maimunnah, & Hutapea, N. M. (2021). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) dalam upaya memfasilitasi kemampuan penalaran matematika siswa MA kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th Senatik) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 311–318.
Hariani, E., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2023). Perangkat Pembelajran Materi Barisan dan Deret Berbasis Problem Based Learning Guna Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2881–2894. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1998
Hasanudin, N., Faradiba, F., Masta, N., Sianturi, M., Handayani, I. S., & Olla, Y. M. (2024). Pengembangan Modul Praktikum Virtual Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Minat Siswa. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p37-44
Hayati, R., Pratiwi, U. M., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan Modul Ajar Statistika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763–1775. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3344
Husniah, A., & Azka, R. (2022). Modul Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1329
Indrasari, T., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 802–812. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1156
Ismah, Z., Astuti, E. P., & Yuzianah, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 2407–8840.
Kamauko, N. M., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Efektivitas Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Trigonometri. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 163–178. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.881
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).
M. Fauzi, S. P. L. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Aljabar. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 73–84.
Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mutia, R., Nur Siregar, S., & Maimunah, M. (2022). Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs Berbasis Model Problem Based Learningpada Materi SPLDV. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 192–204.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Oktaviana, D., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Jenis Gaya Belajar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 521. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5286
Partasiwi, N., Hasyim, A., & ... (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Trigonometri Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Teknologi Informasi …, 1–15.
Pattimura, Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah untuk memfasilitasi pemahaman matematis peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 800–812.
Purba, E. P. U., Karnasih, I., & Ariswoyo, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Inti Nusantara Tebing Tinggi. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 88–96. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.211
Putri, A. D., & Yuliani, A. (2015). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MA di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Barisan dan Deret. Journal On Education, 01(02), 400–409. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.80
Putri, D. D., Maimunah, M., & Heleni, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi SPLDV untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 33–45.
Putri, D. J., Armis, & Sakur. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Penalaran Matematis Konten Perbandingan Untuk Siswa Fase D. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 944–962. https://doi.org/10.30606/absis.v6i2.2327
Putri, H. R., Solfitri, T., & Maimunah. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 7(1), 30–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.61291/jpi.v6i2.167
Rachmi, C. N., & Hidayat, M. (2024). Validitas Modul Ajar dan LKPD Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Islami pada Materi Statistika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(3), 221–228. https://doi.org/10.24014/juring.v7i3.25626
Rahman, L., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 001. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). nalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Refmianti, W., Syamsurizal, Arsih, F., & Rahmatika, H. (2023). Validasi Pengembangan Modul Ajar Pola-pola Hereditas Berbasis Problem Based Learning. Journal On Teacher Education, 4(4), 19–28. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13670
Risqia, R., Sanjayawati, E., & Kadarisma, G. (2022). Analisis pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 741–750. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.741-750
Royana, Y., Hanifah, H., Zamzaili, Z., & Haji, S. (2023). Pengaruh Model Prablem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy pada Materi Trigonometri SMA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 681–693. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.316
Sagita, N. K. D. L., Nurhanurawati, N., & Noer, S. H. (2024). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Local Instruction Theory dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. MATHEdunesa, 13(2), 335–349. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p335-349
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384%0A
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690
Saryani, R., Fitriyana, N., & Yanto, Y. (2023). Systematic Literature Review : Modul Menggunakan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Jariah Education, 1(2), 93–107.
Siahaya, J. A., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat. Science Map Journal, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue1pp1-18
Sonia, D. R., Purwanto, B. E., & Munadi. (2024). Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Geogebra Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa. Journal of Education Research, 5(1), 417–425. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.839
Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6923
Ulva, E., Maimunah, M., & Murni, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1230–1238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356
Wahyudiono, A. (2023). Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Tantangan Era Society 5.0. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 124–131. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1234
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920
Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435
Wirdaningsih, S., Irma, A., Revita, R., & Fitri, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(2), 185–192. https://doi.org/10.24014/juring.v7i2.28319
Yadrika, G., Roza, Y., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(2), 183. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15636
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.34203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: