Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Topik Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Matematis Peserta Didik Fase D

Rodhitul Amni, Putri Yuanita, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Kecakapan komunikasi matematis merupakan salah satu kecakapan yang sangat penting dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian yaitu untuk mengembangkan modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) topik relasi dan fungsi untuk meningkatkan kecakapan komunikasi matematis peserta didik fase D yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di MTs Al Muhajirin Tapung kelas VIII tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, angket dan tes. Instrumen dan analisis data yang digunakan yaitu: (1) validitas berupa modul ajar dan tes soal; (2) analisis praktikalitas berupa angket respon peserta didik dan guru serta lembar pengamatan; (3) efektivitas berupa perbedaan rata-rata N-Gain skor postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi modul ajar yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat valid dengan persentase 94,75%. Praktikalitas modul ajar ujicoba kelompok kecil berkategori praktis dengan persentase 78,93%. Keefektifan memperlihatkan perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,017 dalam kecakapan komunikasi matematis peserta didik topik relasi dan fungsi pada fase D pada kedua kelas sampel dengan menggunakan uji t. Penelitian ini menambah referensi dan wawasan untuk penggunaan modul ajar berbasis PBL topik relasi dan fungsi serta dapat dijadikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Aulia, N., Nurmawati, N., & Andhany, E. (2020). Pengembangan Modul berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MAN 3 Langkat. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7822

Azmi, M. P. (2019). Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7490

Darmiany, D., Nurhasanah, N., Nisa, K., Karma, I. N., & Nurmawanti, I. (2023). Sosialisasi Pentingnya Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar di SDN 8 Cakranegara. Prosiding PEPADU, 5(1), 274–277.

Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 275–283. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4037

Jais, E., Usa, S. L., & Intifadah, W. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(1), 32–36. https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1522

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Bealajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.

Koesnadi, L. P., & Astuti, R. (2024). Analisis Kesesuaian dan Kelengkapan Modul Ajar terhadap Standar Kompetensi Microteaching. Journal of Education Research, 5(4), Article 4.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475

Nasri, R., & Jamaan, E. Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12051

Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan antara Vliditas Item dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Natural Science Education Research (NSER), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 94–99. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2170

Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.634

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Materi Statistika. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1

Samsidar, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasai Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan MIPA, 19(1), 13–24. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v19i1.pp13-24

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), Article 02. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798

Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, W., & Kurniawan, E. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability on Geometry Material. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12394

Wahid, L. A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2004

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio, 8(1), 328–336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997

Zulyani, D., Irwan, I., Yerizon, Y., & Asmar, A. (2021). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10629




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.33526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter